Biaya Operasi Plastik Hidung di Klinik Kecantikan

Biaya Operasi Plastik Hidung – Operasi hidung merupakan sebuah solusi terbaik untuk mempercantik tampilan hidung. Dengan operasi, hidung dapat dibuat menjadi lebih ideal dan cocok dengan bentuk wajah.

Dalam bahasa medis, operasi hidung dikenal dengan nama Rhinoplasty. Umumnya, orang mengenal Rhinoplasty hanya untuk alasan estetika, yaitu memancungkan hidung. Faktanya, operasi hidung tidak hanya dilakukan untuk memancungkan. Masih banyak fungsi lain yang bisa didapatkan dari jenis operasi ini.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang operasi hidung, maka ini adalah artikel yang tepat. Di sini kami akan berbagi informasi mulai dari pengertian, tindakan prosedur, hingga biaya operasi plastik hidung. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak informasi lengkapnya di bawah ini:

Apa yang Dimaksud Operasi Plastik Hidung?

Operasi hidung adalah suatu prosedur bedah yang bertujuan untuk memperbaiki penampilan atau bentuk hidung. Jenis operasi ini dapat dilakukan untuk dua tujuan, yaitu estetika dan medis. Dalam tindakan prosedurnya, jenis operasi ini hanya boleh ditangani oleh dokter spesialis bedah plastik.

Baca juga:

Biaya operasi hidung

Indikasi Operasi Plastik Hidung

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang melakukan operasi hidung, misalnya seperti:

  • Mengubah ukuran, baik memperbesar atau memperkecil ukuran hidung
  • Mengubah bentuk, umumnya dilakukan pada bagian pangkal ataupun ujung hidung
  • Memperbaiki bentuk hidung akibat cedera, atau cacat lahir
  • Mengubah sudut hidung
  • Memperbaiki saluran pernapasan

Berapa Usia Minimal untuk Melakukan Operasi Plastik Hidung?

Karena dapat dilakukan untuk dua tujuan, minimal usia untuk operasi hidung tentu menjadi berbeda. Untuk tujuan kosmetik atau estetika, operasi hidung diperbolehkan ketika tulang rawan hidung telah tumbuh dengan sempurna. Pada wanita, biasanya hal ini terjadi pada usia sekitar 15-17 tahun. Lalu untuk pria, kemungkinan ada di usia yang lebih tua.

Perbedaan tujuan juga menjadi salah satu faktor yang membedakan biaya operasi plastik hidung. Untuk tujuan medis, operasi hidung biasanya tidak dibatasi oleh usia minimal. Artinya, walaupun seseorang masih di usia anak-anak, jenis operasi ini sudah bisa dilakukan. Tinggal tergantung bagaimana kesepakatan antara dokter dan orang yang terkait.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Operasi Plastik Hidung

Agar operasi hidung lebih aman dan memberikan hasil yang optimal, dibutuhkan persiapan yang maksimal pula. Oleh sebab itu, proses konsultasi harus dilakukan dengan sebaik dan sejelas mungkin dengan dokter terkait. Bagi kamu yang ingin melakukan operasi hidung, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum operasi plastik hidung:

  • Konsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik – Di tahap ini, pasien akan mendiskusikan seputar tujuan dan alasan mengapa ingin melakukan operasi hidung. Dokter juga akan menceritakan seputar manfaat, risiko, dan hal-hal lain seputar pasca prosedur operasi hidung. Selain itu, dokter juga akan menanyakan seputar riwayat kesehatan, pengecekan fisik, serta dokumentasi sebelum operasi hidung dilakukan. Pada saat konsultasi, pasien juga bisa berdiskusi seputar biaya operasi plastik hidung yang dibutuhkan.
  • Hindari obat pengencer darah – Sebelum operasi plastik hidung dilakukan, calon pasien disarankan untuk tidak mengonsumsi obat pengencer darah. Sebab, hal ini dapat memicu terjadinya pendarahan hebat, saat tindakan prosedur sedang dilakukan.
  • Hentikan Kebiasaan MerokokBagi calon pasien operasi hidung, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dalam 2-3 minggu terakhir. Lakukan hal ini baik sebelum, ataupun sesudah tindakan operasi hidung dilakukan.

Baca juga:

Bagaimana Prosedur Operasi Plastik Hidung Dilakukan?

Prosedur operasi plastik hidung dilakukan dengan beberapa tahapan. Berikut adalah gambaran umumnya:

  • Anestesi atau pembiusan

Pada tahap pertama, tindakan yang dilakukan adalah pemberian anestesi atau pembiusan. Ada dua jenis anestesi yang biasa digunakan, yaitu anestesi lokal dan anestesi total. Proses pemberian anestesi sendiri, bertujuan untuk meminimalisir rasa sakit saat prosedur bedah dilakukan.

  • Pembuatan sayatan

Tahap selanjutnya adalah pembuatan sayatan. Pada tahap ini, ada dua jenis metode yang biasanya dilakukan dokter spesialis bedah plastik, yaitu sayatan terbuka dan sayatan tertutup.  Kedua metode ini juga bisa menjadi salah satu faktor pembeda biaya operasi plastik hidung.

  • Proses rekonstruksi

Tahapan ketiga adalah proses rekonstruksi pada bagian hidung. Di tahap ini dokter akan melakukan perbaikan sesuai dengan keinginan pasien. Bisa dilakukan untuk memancungkan, memperbesar, atau memperkecil ukuran hidung.

  • Menutup area sayatan

Setelah rekonstruksi selesai, maka dokter akan melanjutkan ke proses menutup area sayatan. Untuk menutup area sayatan, dokter biasanya melakukannya dengan metode jahit. Proses ini menjadi salah satu yang terpenting dari keseluruhan tahap. Sebab proses menutup sayatan akan menentukan bagus atau tidaknya tampilan hidung pasca operasi.

  • Pemasangan perban

Tahap akhir dari rangkaian prosedur operasi hidung adalah pemasangan perban. Pada tahap ini, dokter juga berkemungkinan untuk memasang penyangga pada area hidung. Hal ini bertujuan agar posisi hidung tidak berubah, ataupun rusak akibat gerakan.

Berapa Kisaran Biaya Operasi Plastik Hidung di Indonesia?

Ada cukup banyak faktor yang memengaruhi biaya operasi plastik pada area hidung. Misalnya seperti tingkat pengalaman dokter, jenis implan yang digunakan, dll. Oleh sebab itu, informasi mengenai biaya tidak bisa diberi patokan yang resmi.

Dari beberapa sumber yang telah kami rangkum, kami menemukan perbedaan harga dari operasi hidung. Contohnya, operasi hidung dengan menggunakan implan, dibanderol dengan harga sekitar 15 jt rupiah. Sedangkan operasi hidung yang menggunakan tulang rawan, berkisar antara 18 jt rupiah.

Agar mendapatkan informasi yang akurat mengenai biaya, calon pasien bisa melakukan konsultasi lebih lanjut ke dokter yang terkait. Untuk berkonsultasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Beautylogica Clinic di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *