Biaya Operasi Keloid, Penjelasan, dan Cara Menghilangkannya

Tips Mencerahkan Kulit Wajah murah

biaya operasi keloidBiaya Operasi KeloidSiapa pun yang memiliki kulit mulus, pasti akan kesal apabila muncul luka di atasnya. Hal ini tentu akan sangat mengganggu penampilan seseorang. Salah satu jenis luka pada kulit yang sangat mengganggu adalah keloid.  Ketika muncul bekas luka keloid, tentu akan sangat kontras keberadaannya dengan kulit asli kita. Jika munculnya berada di area yang tidak terlihat, mungkin itu tidak terlalu memusingkan. Namun apabila ada di area tubuh yang terlihat, tentu bekas luka ini akan membuat kita risih dan malu.

Permasalahan kulit ini sering sekali terjadi oleh siapa pun, pria maupun wanita. Makannya, banyak orang-orang yang mencari cara untuk memecahkan permasalahan ini. Pada dasarnya, jika ingin benar-benar hilang haruslah melakukan tindakan medis oleh dokter. Namun, sebelum masuk pada pembahasan proses penyembuhan, ketahui terlebih dahulu penjelasan dan biaya operasi keloid ini.

Apa itu Keloid?

Keloid adalah bekas luka pada kulit yang muncul secara tidak normal. Jenis luka ini biasanya muncul di luar batas kulit yang cedera. Bentuknya melebar, dan seperti tonjolan yang sangat kontras dengan warna kulit aslinya. Orang yang mengalami keloid, biasanya mengeluhkan rasa gatal dan nyeri pada area luka tersebut. Selain itu, jenis luka ini juga akan memengaruhi kondisi mental dan rasa kepercayaan diri dari penderitanya. Hal ini tentu akan berdampak kemana-mana dalam kehidupan sehari-hari, contohnya seperti penurunan kualitas hidup bagi yang mengalaminya.

Apa Penyebab Timbulnya Keloid?

Pada umumnya, risiko timbulnya keloid akan lebih tinggi apabila seseorang memiliki genetik atau turunan dari jenis luka ini. Apabila orang tua Anda memiliki keloid, maka Anda harus lebih hati-hati dan menghindari aktivitas yang dapat menimbulkan luka ini. Contohnya seperti, hindari operasi bila keadaan tidak mendesak, melakukan tindik, dan tato.

Selain faktor genetik, keloid dapat timbul akibat berbagai luka, seperti luka goresan, cakaran, tindikan, operasi, dan luka bakar. Ketika mengalami luka, biasanya kulit / jaringan parut akan tumbuh untuk melindungi dan memperbaiki dirinya sendiri. Namun pada kasus keloid, jaringan tadi akan tumbuh tidak terkontrol hingga melebihi bekas luka itu sendiri. Hal ini tentu akan membuat bekas luka tadi terlihat menonjol dan warnanya begitu kontras dari kulit asli. Ketika sudah terjadi, maka Anda siap-siaplah mencari tahu tentang biaya operasi keloid untuk langkah penyembuhan.

Area Tubuh yang Rawan akan Timbulnya Keloid

Keloid sebenarnya dapat timbul pada area tubuh manapun, khususnya yang mengalami luka. Namun ada beberapa area tubuh yang sangat rawan akan timbulnya jenis luka ini. Contoh area tubuh tersebut seperti, tengah dada, telinga, belakang leher, pundak, lengan atas, betis, dan punggung atas.

menghilangkan keloid ampuhBagaimana Cara Menghilangkan Keloid?

Bekas luka keloid ini sebenarnya dapat dihilangkan. Namun, butuh upaya-upaya khusus untuk membuatnya benar-benar hilang. Berikut adalah beberapa jenis cara untuk menghilangkan keloid:

  1. Suntik keloid

Bila Anda tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam karena biaya operasi keloid yang mahal, suntik keloid adalah solusi yang dapat dicoba. Dalam prosedur ini, obat yang digunakan mengandung triamcinolone acetonide. Obat tersebut bernama kortikosteroid, yang nantinya akan disuntikkan langsung ke dalam jaringan keloid. Penyuntikkan ini menggunakan jarum khusus yang sangat kecil. Suntik keloid ini dapat diulang dengan interval 4-6 minggu. Suntikan dari kortikosteroid ini, nantinya dapat membuat kulit atau bekas luka keloid menjadi lebih tipis dan tersamarkan.

  1. Krioterapi

Cara menghilangkan keloid dengan krioterapi ini menggunakan zat nitrogen cair dalam prosedurnya. Zat ini nantinya akan disemprotkan pada area yang mengalami keloid selama kurang lebih 10-30 detik. Penyemprotan ini nantinya akan diulangi sebanyak 2 atau 3 kali. Perawatan ini dapat diulang setiap bulan, sampai keloid menyusut.

Krioterapi dapat dikombinasikan dengan suntik keloid seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Hal ini tentunya adalah upaya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Namun perlu diketahui, krioterapi ini hanya efektif terhadap keloid yang berukuran kecil.

  1. Terapi Laser

Terapi laser cukup efektif untuk meratakan bekas luka dan menyamarkan keloid.  Terapi ini aman dan tidak terlalu menyakitkan, tetapi membutuhkan beberapa sesi terapi dalam pelaksanaannya. Dengan pengulangan prosedur ini tentu biaya yang akan dikeluarkan tidak akan sedikit, mungkin hampir menyamai dengan biaya operasi keloid. Terapi laser juga akan lebih efektif bila dikombinasikan dengan suntik keloid.

  1. Operasi pengangkatan keloid

Cara menghilangkan keloid dengan operasi merupakan suatu yang efektif dan juga berisiko. Bila tidak ditangani dengan benar, operasi pengangkatan keloid ini dapat memicu timbulnya keloid baru yang lebih besar. Maka dari itu, lakukanlah di klinik/dokter yang memang sudah berpengalaman. Anda bisa menemukan hal tersebut apabila datang ke klinik kecantikan Beautylogica Clinic.

Operasi biasanya akan dikombinasikan dengan suntikan keloid atau memberikan tekanan (kompresi) pada luka dengan alat khusus. Operasi ini juga sering dikombinasikan dengan radioterapi untuk mencegah keloid timbul kembali.

  1. Radioterapi

Radioterapi atau terapi radiasi dilakukan dengan menembakkan sinar-X pada area tubuh yang mengalami keloid. Terapi ini biasanya dilakukan setelah operasi seleseai dilakukan. Biasanya sehari berikutnya, atau satu minggu setelah operasi.

Treatment untuk Menghilangkan Keloid di Beautylogica Clinic

Di Beautylogica Clinic, ada sebuah perawatan yang bisa digunakan untuk menghilangkan keloid secara aman dan efektif. Jenis perawatan tersebut bernama Scar Revision. Perawatan ini adalah sebuah tindakan medis yang tergolong pada operasi bedah plastik. Jangan dulu khawatir, biaya operasi keloid di klinik kecantikan ini, tentu tidak akan mahal. Hal yang pasti adalah biayanya jelas akan lebih murah daripada klinik-klinik lainnya. Pada dasarnya, Scar Revision ini bertujuan untuk menyamarkan dan menghilangkan bekas luka, termasuk keloid itu tadi.

scar revision surgeryBagaimana Prosedur dari Scar Revision?

Tindakan bedah medis untuk menghilangkan keloid ini dilakukan dengan cara membuat sayatan terlebih dahulu. Sayatan dibuat pada area kulit yang mengalami keloid untuk nantinya bisa dilakukan rekonstruksi. Hal ini bertujuan untuk menyamarkan dan menghilangkan bekas luka tersebut. Ketika proses sudah selesai, maka bekas sayatan tadi akan dijahit kembali.

Prosedur dari Scar Revision ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Biasanya dokter membutuhkan 60-90 menit dalam melakukan prosedur ini sampai selesai. Hal ini juga tergantung dari ukuran dari luka yang diderita oleh si pasien itu sendiri.

Ketika prosedur selesai dilakukan, biasanya pasien akan mengalami kemerahan dan pembekakan pada area yang ditangani. Namun Anda tidak perlu khawatir, efek ini adalah hal yang normal dan akan mereda dengan sendirinya dalam kurun waktu kurang lebih 5 hari.

Berapa Biaya Operasi Keloid di Beautylogica Clinic?

Apabila Anda mengalami permasalahan keloid, maka Beautylogica Clinic adalah sebuah tempat yang sangat cocok untuk dijadikan solusi. Dengan berbagai kelengkapan peralatan yang ada, proses penyembuhan keloid tentu akan lebih efektif daripada metode-metode lainnya. Dokter spesialis yang sudah berpengalaman juga merupakan nilai lebih untuk membuat operasi keloid ini berjalan lancar.

Biaya operasinya sendiri tentu tidak terlalu mahal. Anda bisa menanyakan informasi ini secara lebih jelas dengan menanyakan langsung ke hotline kami di nomor 0819 0500 0000. Kami juga banyak menyediakan promo-promo menarik bila Anda terus mengikuti update informasi dari kami. Maka dari itu, jangan lupa untuk ikuti akun sosial media kami agar terus mendapatkan info menarik dan terbaru dari kami. Biaya operasi keloid yang murah? Datang saja ke Beautylogica Clinic!

About dr. Ratri Ramadianningtyas

dr. Ratri Ramadianningtyas atau yang akrab disapa dengan dr. Ratri ini lahir Jakarta dan memiliki karakter yang ceria, friendly dan humble. Ia juga sangat senang membaca buku, kuliner dan travelling. Beliau merupakan lulusan dari Universitas YARSI – Fakultas Kedokteran serta memiliki pengalaman diluar lainnya seperti mengikuti Pertemuan Ilmiah Perhimpunan Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia ke-14 – Jakarta dan menjadi Dokter Internship RS. Dr. Suyoto – Jakarta. Tak hanya itu, dr. Ratri juga aktif berpartisipasi dalam acara Formal Educations maupun Non-Formal Educations seperti International Seminar; Cardiopulmonary Resuscitation Update, Advanced Cardiac Lift Support hingga Urology Cases in Clinical Practice Symposium. dr. Ratri juga sangat profesional dalam membantu pasiennya yang ingin melakukan konsultasi maupun tindakan perawatan di Beautylogica Clinic, karena menurutnya ketika bekerja dengan rasa profesional maka terbentuklah quality service yang baik untuk pasien dan dapat memuaskan hati pasien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *