Biaya Operasi Daun Telinga

Ingin Memperbaiki Daun Telinga Agar Lebih Ideal? Cek Biayanya di Sini!

Biaya Operasi Daun Telinga – Seperti yang kita tahu, tindakan bedah plastik adalah prosedur kecantikan yang digunakan untuk memperbaiki penampilan. Artinya, prosedur yang dilakukan adalah untuk motif estetika, khususnya pada bagian-bagian tubuh tertentu.

Tindakan bedah plastik sendiri dapat dilakukan di hampir seluruh bagian tubuh manusia. Mulai dari rambut, wajah, tubuh, hingga bagian intim sekalipun. Oleh sebab itu, bedah plastik sering kali dijadikan sebagai solusi instan, bagi mereka yang kurang puas dengan bentuk tubuhnya.

Ada banyak sekali tindakan bedah plastik yang populer di kalangan para beauty addict. Contohnya seperti operasi hidung (Rhinoplasty), operasi implan payudara (Breast Augmentation), hingga operasi selaput dara (Hymenoplasty).

Namun dari beberapa contoh tersebut, ada sebuah operasi yang kini cukup menarik perhatian. Namanya adalah Otoplasty, atau yang biasa disebut dengan operasi perbaikan daun telinga. Penasaran tentang bagaimana operasi ini dilakukan? Serta berapa biaya operasi daun telinga yang dibutuhkan? Untuk lebih jelasnya, mari simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Apa itu Otoplasty – Operasi Daun Telinga

Otoplasty adalah sebuah prosedur bedah plastik, yang berguna untuk merekonstruksi bentuk dan ukuran daun telinga. Dalam bahasa lain, Otoplasty juga dikenal dengan sebutan Pinnaplasty. Nama tersebut diambil dari bagian daun telinga (Pinna) yang ada di kedua sisi kepala.

Dokter yang berwenang melakukan Otoplasty adalah dokter spesialis bedah plastik. Untuk menemukan prosedur operasi ini, kamu bisa pergi ke klinik kecantikan yang menyediakan bedah plastik, ataupun rumah sakit tertentu.

Baca juga:

Otoplasty - Rekonstruksi Daun Telinga

Prosedur Otoplasty sebenarnya sudah ada sejak lama di dalam dunia medis. Namun, dalam beberapa waktu terakhir, operasi ini sedang hangat menjadi perbincangan. Hal ini terjadi karena Kris Jenner, ibu dari Kim Kardashian melakukan operasi ini.

Kris Jenner mengaku melakukan operasi ini untuk alasan kepercayaan diri. Pasalnya, dengan melakukan operasi ini, bentuk dan ukuran daun telinganya pun dapat menjadi lebih ideal. Dengan biaya operasi daun telinga yang tak terlalu mahal, operasi ini sangat layak untuk dilakukan.

Tujuan dan Manfaat Operasi Daun Telinga

Prosedur operasi daun telinga sebenarnya memiliki cukup banyak manfaat. Selain untuk mengubah bentuk dan ukuran daun telinga, operasi ini juga berdampak pada psikologis dari si pasien. Artinya, dengan melakukan operasi ini, mereka akan lebih percaya diri dengan penampilannya, serta mendapatkan bentuk wajah yang lebih ideal.

Untuk orang dewasa, operasi daun telinga biasanya memang dilakukan untuk alasan estetika. Namun banyak yang belum tahu, bahwa sebenarnya operasi ini juga dapat digunakan untuk memerbaiki kelainan akibat kecelakaan, ataupun karena bawaan lahir.

Tindakan otoplasty juga dapat dilakukan, bagi mereka yang bermasalah dengan telinganya yang terlalu lebar atau besar (caplang). Dengan operasi ini, kamu tak lagi perlu merasa khawatir dan minder, sebab daun telingamu dapat direkonstruksi agar lebih ideal. Biaya operasi daun telinga pun juga tak terlalu mahal jika dibandingkan dengan tindakan bedah plastik lainnya.

Batasan Umur untuk Operasi Daun Telinga

Otoplasty atau operasi daun telinga sebenarnya dapat dilakukan untuk segala usia. Namun biasanya, untuk anak kecil disarankan pada usia 5 – 14 tahun. Untuk usia tersebut, operasi ini umumnya dilakukan untuk memerbaiki telinga, akibat ketidaksempurnaan yang dibawa sejak lahir.

Berbeda dengan orang dewasa, operasi ini bisa dilakukan pada usia berapa saja. Sebab pada dasarnya, Otoplasty yang dilakukan orang dewasa adalah untuk alasan estetika. Dengan melakukan operasi ini, mereka berharap bisa mendapatkan bentuk dan ukuran telinga yang ideal.

Prosedur Operasi Daun Telinga

Seperti yang sudah disinggung sebelunya, prosedur operasi ini hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik. Sebab, dibutuhkan keahlian khusus dalam melakukan rekonstruksi, agar prosedur tetap aman dan hasilnya memuaskan.

Prosedur Otoplasty sendiri dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu:

  • Konsultasi

Konsultasi adalah tahap awal yang wajib dilakukan oleh pasien. Dengan berkonsultasi, dokter akan melakukan pengecekan fisik, serta menanyakan riwayat kesehatan yang dimiliki oleh pasien. Pada tahap konsultasi, pasien pun bisa bertanya seputar berapa biaya operasi daun telinga yang dibutuhkan.

  • Anestesi

Prosedur Otoplasty yang selanjutnya adalah anestesi. Pada operasi ini, anestesi bisa dilakukan secara lokal ataupun total. Namun biasanya, dokter akan menyarankan anestesi lokal, karena Otoplasty termasuk pada jenis operasi kecil.

Baca juga:

  • Prosedur Otoplasty - Operasi Daun TelingaRekonstruksi

Setelah efek anestesi mulai bekerja, dokter akan melanjutkan ke tahap rekonstruksi. Di sinilah dokter akan membentuk ulang daun telinga, agar ukurannya bisa lebih ideal. Umumnya, rekonstruksi yang dilakukan, berfokus pada tulang rawan yang ada di telinga. Dalam hal ini, dokter bisa melakukan beberapa tindakan, seperti pembentukan ulang, memotong, hingga menjahit tulang rawan.

  • Menutup area insisi

Setelah semua proses selesai, maka tahap terakhir yang dilakukan adalah menutup area insisi. Pada tahap ini, tindakan yang dilakukan oleh dokter adalah teknik penjahitan.

Pada dasarnya, prosedur Otoplasty membutuhkan waktu yang bervariasi. Namun secara keseluruhan, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 1 – 2 jam. Hal ini pun tergantung dari tingkat kesulitan, serta permintaan yang diinginkan oleh si pasien.

Biaya Operasi Daun Telinga

Harga untuk melakukan tindakan bedah plastik juga sangat bervariatif, termasuk untuk Otoplasty sendiri. Sebab, ada banyak faktor yang dapat memengaruh biaya yang harus dikeluarkan. Misalnya seperti pengalaman dokter, tempat di mana kamu melakukan operasi, serta faktor-faktor eksternal lainnya.

Namun pada umumnya, biaya Otoplasty tidaklah semahal dari tindakan bedah plastik berat yang lain. Sebagai informasi, biaya operasi daun telinga atau yang biasa disebut dengan Otoplasty adalah sekitar Rp. 15.000.000.

Nah, apakah kamu tertarik untuk melakukan operasi ini? Jika iya, maka segeralah kunjungi Beautylogica Clinic. Sebab dari banyaknya klinik kecantikan, Beautylogica menjadi salah satu klinik kecantikan yang menyediakan operasi ini. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

 

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.