Berapa Lama Penyembuhan Operasi Hidung

Berapa Lama Waktu Penyembuhan Pasca Operasi Hidung?

Berapa Lama Penyembuhan Operasi Hidung? – Operasi hidung untuk alasan estetika, dilakukan untuk memerbaiki tampilan hidung. Tindakan prosedur dari operasi ini, hanya dapat dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Saat ini operasi hidung menjadi salah satu tindakan bedah estetika yang kian digemari banyak orang. Pasalnya, operasi hidung dapat memberikan hasil yang signifikan, dan membuat tampilan hidung menjadi sesuai dengan keinginan.

Untuk mengenali lebih dalam tentang apa itu operasi hidung, Beautylogica Clinic telah merangkum beberapa informasi yang berkaitan tentang operasi tersebut. Di bagian akhir nanti, kami juga akan menjelaskan tentang berapa lama penyembuhan operasi hidung. Jadi simak sampai selesai artikel ini, yaa!

Apa itu Operasi Hidung?

Operasi hidung atau Rhinoplasty adalah sebuah prosedur bedah plastik, yang berguna untuk memperbaiki atau mengubah bentuk hidung. Jenis operasi ini dapat dilakukan untuk mengatasi kelainan tertentu pada hidung, atau untuk memperbaiki tampilan bentuk hidung. 

Rhinoplasty dilakukan dengan cara memodifikasi tulang, tulang rawan, dan kulit di hidung. Tujuannya bisa untuk mengubah bentuk hidung agar lebih menarik, memperbaiki tulang hidung yang patah akibat cedera, atau untuk mengatasi gangguan pernapasan karena kelainan bentuk hidung.

Operasi hidung atau Rhinoplasty merupakan salah satu prosedur bedah plastik yang paling sering dilakukan. Operasi ini tergolong rumit dan membutuhkan dokter yang ahli dalam penanganannya. Oleh sebab itu, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu, dengan dokter yang bersangkutan sebelum menjalani operasi hidung.

Baca juga:

Kagunaan dan Tujuan Operasi Hidung

Rhinoplasty Jakarta Murah dan Langganan Artis

Pada dasarnya, ada beberapa kegunaan dan tujuan mengapa seseorang memutuskan untuk melakukan operasi hidung. Jadi sangat wajar apabila sebelum melakukan operasi ini, para pasien menanyakan tentang berapa lama penyembuhan operasi hidung. Nah, berikut ini adalah beberapa kegunaan dari operasi hidung yang wajib kamu ketahui:

  • Mengecilkan atau memperbesar ukuran hidung.
  • Mengubah bentuk pangkal atau puncak hidung.
  • Mengubah sudut antara hidung dan bibir bagian atas.
  • Mengecilkan cuping hidung yang terlalu lebar.
  • Memperbaiki kelainan bentuk hidung akibat cacat lahir atau cedera.
  • Mengatasi gangguan pernapasan.

Bagaimana Prosedur Operasi Hidung Dilakukan?

Prosedur dari operasi hidung, dilakukan dengan beberapa tahapan. Berikut adalah gambaran umumnya:

1. Proses Pemberian Anestesi

Sebelum mengetahui tentang berapa lama penyembuhan operasi hidung, kalian juga harus mengetahui tentang tahapan prosedur dari operasi ini. Nah, pada tahap awal setelah konsultasi dilakukan, dokter akan memulai prosedur dengan pemberian anestesi.

Pada tahap ini, pemberian anestesi dapat dilakukan dengan jenis lokal ataupun total. Biasanya, untuk menentukan jenis anestesi yang diberikan, dokter akan melihat dari kondisi pasien, dan tingkat kerumitan dari operasi hidung yang akan dilakukan. 

2. Pembuatan Insisi pada Area Hidung

Pembuatan insisi pada operasi hidung, dapat dilakukan dengan teknik terbuka atau tertutup. Pada teknik terbuka, insisi akan dibuat di kolumela, yaitu bagian luar hidung yang memisahkan lubang hidung. Sedangkan pada teknik tertutup, insisi dilakukan di bagian dalam hidung. 

Melalui sayatan tersebut, kulit yang menutupi tulang hidung dan tulang rawan akan diangkat secara perlahan. Dengan begitu, dokter bedah plastik akan bisa membentuk kembali struktur hidung yang dimiliki oleh pasien. 

3. Rekonstruksi Struktur Hidung

Rekonstruksi pada operasi hidung, dilakukan sesuai dengan jenis dan tujuannya. Untuk operasi mengecilkan hidung, rekonstruksi yang dilakukan adalah mengangkat tulang dan tulang rawan yang ada pada hidung. Sedangkan bagi pasien yang ingin memperbesar atau memancungkan hidung, dokter akan melakukan pencangkokan tulang rawan dari telinga ke hidung pasien.  Selain menggunakan tulang rawan, rekonstruksi memancungkan hidung juga dapat dilakukan dengan penanaman implan buatan.

4. Menutup Area Insisi

Setelah dokter merekonstruksi hidung pasien, maka kulit dan jaringan hidung akan dikembalikan lagi ke posisinya. Ketika sudah, dokter akan menutup area bekas insisi tersebut dengan teknik jahitan. Proses menutup sayatan merupakan tahapan yang tak kalah penting. Pasalnya, hal ini akan memengaruhi hasil tindakan, serta berapa lama penyembuhan operasi hidung akan berjalan.

Baca juga:

Berapa Lama Prosedur Operasi Hidung Dilakukan?

Penyembuhan setelah operasi hidung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, operasi hidung merupakan sebuah prosedur operasi yang cukup rumit. Pasalnya, operasi ini dilakukan dengan teknik pembedahan, pada area yang cukup vital. Untuk itu, dibutuhkan keahlian dan pengalaman yang cukup mumpuni, agar tindakan prosedur yang dilakukan bisa aman dan berhasil.

Meskipun rumit, namun prosedur operasi hidung sebenarnya tidaklah membutuhkan waktu yang lama. Dalam satu kali tindakan prosedur, biasanya dokter akan membutuhkan waktu sekitar 60-90 menit saja. Lamanya waktu prosedur, biasanya dipengaruhi oleh tingkat kesulitan yang ada pada hidung pasien. 

Sebelum Melakukan Prosedur Operasi Hidung

Sebelum menjalani prosedur operasi hidung, pasien perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter bedah plastik. Dalam sesi berkonsultasi, dokter akan menjelaskan mengenai manfaat, risiko, dan komplikasi yang mungkin terjadi usai menjalani operasi hidung.

Pada tahap ini, pasien juga berhak bertanya tentang berapa lama penyembuhan operasi hidung. Jika pasien dinilai cocok untuk menjalani operasi hidung, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan berikut:

  • Pemeriksaan riwayat kesehatan, meliputi riwayat penyakit, prosedur operasi yang pernah dijalani, dan obat yang pernah atau sedang digunakan.
  • Pemeriksaan fisiki, terutama pada stuktur hidung, ketebalan kulit, kondisi di bagian dalam dan luar hidung, serta kondisi tulang rawan di bagian pangkal atau puncak hidung.
  • Pengambilan foto hidung pasien dari berbagai sudut.
  • Jika diperlukan, dokter juga dapat melakukan tes darah pada pasien. 

Selain beberapa pemeriksaan di atas, ada hal lain yang perlu dilakukan oleh pasien sebelum operasi hidung, yaitu:

  • Menhindari konsumsi obat-obatan yang mengandung ibuprofen atau aspirin, dua minggu sebelum dan sesudah operasi hidung. Sebab, obat-obatan tersebut dapat memperlambat proses pembekuan darah, dan meningkatkan risiko terjadinya pendarah setelah operasi dilakukan. 
  • Menghentikan kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol. Sebab kebiasaan merokok dan minum alkihohol, dapat memperlambat proses penyembuhan.
  • Meminta keluarga atau teman untuk menemani selama operasi, serta mengantarkan pulang ke rumah. Dalam beberapa kasus, setelah beberapa hari pasca prosedur, pasien juga butuh pendampingan.

Baca juga:

Setelah Prosedur Operasi Hidung

Setelah operasi hidung selesai, dokter akan menempatkan penyangga plastik atau logam di hidung pasien. Tujuannya adalah untuk melindungi dan mempertahankan struktur hidung, agar tidak berubah selama proses pemulihan. Hal ini pun juga akan berpengaruh terhadap berapa lama penyembuhan operasi hidung.

Selama beberapa hari pertama setelah operasi, pasien mungkin akan mengalami sedikit rasa sakit kepala, nyeri, dan bengkak di hidung. Selain itu dalam beberapa kasus, ditemukan juga mati rasa, mimisan, atau kesulitan bernapas pada pasien setelah prosedur dilakukan. Untuk meminimalisir keluhan tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti:

  • Beristirahat di tempat tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari dada.
  • Berhat-hati saat mandi agar perban di hidung tidak terkena air.
  • Tidak mengompres hidung dengan kompres dingin setelah operasi.
  • Tidak menghembuskan udara melalui hidung atau mengorek kotoran di hidung.
  • Tidak tersenyum, tertawa, atau membuat ekspresi lain yang melibatkan gerakan hidung secara berlebihan.
  • Tidak menggunakan kacamata untuk sementara waktu, tetapi jika memang perlu kacamata, sebaiknya gunakan perekat untuk melekatkan kacamata ke dahi, sehingga kacamata tidak menekan hidung.
  • Menyikat gigi secara perlahan untuk membatasi gerakan pada bibir bagian atas.
  • Menghindari tempat yang berdebu atau berasap.
  • Menghindari aktivitas berat, seperti joging, aerobik, atau renang.
  • Memakai kemeja yang berkancing depan, untuk menghindari sentuhan pada bagian hidung.

Berapa Lama Penyembuhan Operasi Hidung?

Setelah melakukan operasi hidung, pasien disarankan untuk melakukan istirahat selama beberapa hari. Umumnya, jаhіtаn аkаn dіlераѕ 7 hаrі ѕеtеlаh ореrаѕі, ѕеdаngkаn реnуаnggа hіdung biasanya bаru dіlераѕ setelah 1–2 mіnggu.

Untuk lebih aman, proses penyembuhan bagi para pasien operasi hidung, membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan. Setelah jangka waktu tersebut, pasien baru bisa beraktivitas kembali seperti biasa. Namun dengan catatan, jangan melakukan aktivitas berat, apalagi yang mengakibatkan sentuhan keras terhadap hidung.

Bagi kalian yang ingin berkonsultasi lebih lanjut tentang operasi hidung, kalian bisa menghubungi Beautylogica Clinic di nomor 0819 0500 0000. Kami akan dengan senang hati melayani kalian, dengan prosedur yang sesuai dengan ketentuan.

 

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.