Biaya perawatan laser untuk milia

Berapa Biaya Laser untuk Menghilangkan Milia? – Milia merupakan salah satu permasalahan kulit yang dapat dialami siapa saja. Meskipun tidak terlalu berbahaya, namun kemunculan milia dapat memberikan banyak dampak buruk bagi penderitanya.

Selain dapat membuat risih, kemunculan milia juga dapat menurunkan rasa percaya diri bagi orang yang mengalaminya. Oleh karena itu, milia bukanlah suatu persoalan yang bisa dianggap sepele. Nah, pada artikel ini, kami akan membahas secara lebih gamblang seputar permasalahan milia. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu Milia?

Milia adalah sebuah bintik berisi keratin yang jinak, dan merupakan salah satu dari jenis kista epidermoid. Milia sendiri berbentuk seperti benjolan kecil dan berwarna putih. Kemunculan milia, umumnya terdiri dari jumlah yang banyak, dan bergerombol di suatu area pada permukaan kulit.

Ada beberapa area yang sangat rentan terhadap kemunculan milia. Contohnya seperti area di bawah mata, hidung, dan pipi. Meskipun dapat hilang dengan sendirinya, namun jangan pernah anggap remeh milia. Sebab pada kondisi tertentu, dibutuhkan tindakan khusus untuk menghilangkannya.

Baca juga:

Penyebab Milia

Biaya laser untuk menghilangkan milia

Milia disebabkan oleh terperangkapnya sel kulit mati atau keratin di bawah permukaan kulit. Namun, penyebab tersebut umumnya terjadi pada orang dewasa. Pada milia yang muncul pada seorang bayi, hingga kini belum dipastikan apa penyebabnya. Kemunculan milia juga dapat dipicu oleh beberapa hal, yaitu:

  • Ada luka melepuh atau luka bakar pada kulit,
  • Kulit mengalami luka lecet,
  • Efek pasca perawatan dermabrasi atau laser,
  • Dampak kerusakan karena paparan sinar matahari,
  • Efek penggunaan krim steroid jangka panjang.

Beberapa kandungan di dalam skincare atau makeup juga dapat menjadi pemicu timbulnya milia. Oleh karena itu, sebelum memilih produk skincare atau makeup, sebaiknya lebih teliti terhadap kandungan yang ada dalam komposisinya.

Jenis-jenis Milia

Dilansir dari laman hellosehat.com, milia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Primer

Milia primer dapat muncul pada anak-anak maupun orang dewasa. Biasanya, milia jenis ini lebih sering muncul di area dahi, kelopak mata, pipi, ataupun alat kelamin.

  • Sekunder

Jenis milia yang satu ini, biasanya dipicu oleh paparan sinar matahari, atau efek dari pengolesan krim tertentu. Milia sekunder juga lebih sering muncul di dekat area luka. Misalnya seperti ruam ataupun luka bakar.

  • Neonatal

Neonatal adalah jenis milia yang lebih sering dialami oleh bayi. Milia jenis ini dikenal juga sebagai kelenjar keringat yang berlum berkembang. Meskipun sangat sering terjadi pada bayi yang baru lahir, namun jenis milia ini masih dianggap wajar. Tanpa penanganan khusus, milia neonatal juga dapat hilang dengan sendirinya.

  • Multiple Eruptive

Jenis milia ini biasanya muncul secara berkelompok, dan muncul dalam kurun waktu beberapa minggu atau bulan. Milia ini sebenarnya sangat langka, dan jarang ditemui oleh orang-orang pada umumnya.

  • Juvenille

Milia juvenille disebabkan oleh kelainan genetik. Jika kamu memiliki jenis milia seperti ini, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Sebab, dibutuhkan diagnosa yang tepat agar permasalahan kulit dapat teratasi dengan lebih efektif.

  • En plaque

En plaque ditandai dengan ciri berdempetan, sehingga meninggalkan kesan seperti permukaan kulit yang meninggi. Umumnya, milia jenis ini menyatu dengan kulit mati. Beberapa area yang rentan mengalami jenis milia ini adalah belakang telinga, kelopak mata, serta sekitar rahang.

Baca juga:

Pengobatan Milia

Berapa biaya laser untuk menghilangkan milia

Meskipun tidak bahaya dan dapat hilang dengan sendirinya, bagi sebagian orang milia tetap saja dianggap mengganggu. Sebab, kemunculannya ditandai dengan ciri yang cukup mencolok. Hal inilah yang dapat membuat risih dan dianggap dapat merusak penampilan.

Untuk mengobati milia sendiri, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut adalah jenis-jenis pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter:

1. Dermabrasi

Dermabrasi adalah sebuah perawatan yang dilakukan dengan teknik pengelupasan kulit. Prosedur dari perawatan ini, dilakukan dengan alat khusus yang berputar di atas permukaan kulit.

2. Chemical Peeling

Chemical peeling adalah sebuah perawatan eksfoliasi yang menggunakan cairan kimia. Dengan perawatan ini, lapisan kulit teratas dapat terangkat sehingga membuat tampilan kulit menjadi lebih bersih.

3. Krioterapi

Krioterapi adalah menghancurkan benjolan milia dengan cara dibekukan. Proses pembekuan dilakukan dengan menggunakan nitrogen cair.

4. Diathermy

Diathermy merupakan suatu teknik pengobatan milia, yang dilakukan dengan memanfaat energi dari suhu panas.

5. Deroofing

Deroofing dilakukan dengan menggunakan jarum steril berukuran kecil. Teknik ini bertujuan untuk mengeluarkan isi yang terdapat di dalam benjolan milia.

6. Laser Treatment

Laser treatment dilakukan dengan memanfaatkan energi panas dari pancaran sinar laser. Metode ini merupakan cara yang cukup efektif untuk menghilangkan milia.

Berapa Biaya Laser untuk Menghilangkan Milia?

Berapa biaya laser untuk menghilangkan milia? Dari beberapa sumber klinik kecantikan yang ada di Jakarta, harga perawatan laser berkisar sekitar Rp. 1.000.000 – Rp. 1.200.000. Jenis perawatan ini sudah cukup mudah untuk ditemukan. Bila kamu ingin melakukan metode ini, pastikan untuk memilih dokter dan klinik kecantikan yang kredibel.

Kapan Harus Pergi ke Dokter?

Meskipun tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya, namun milia harus tetap ditangani dengan benar. Saat yang tepat untuk memeriksakan kondisi ini ke dokter adalah ketika milia sudah menimbulkan rasa tidak nyaman, mengganggu penampilan, dan merusak rasa kepercayaan diri.

Selain itu, apabila kondisi milia tak kunjung hilang setelah 2-3 bulan, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter yang terkait. Dengan begitu, kamu akan dapat menerima rekomendasi perawatan, ataupun pengobatan yang cocok untuk masalah ini.

Buat kamu yang memiliki masalah terhadap milia, maka segeralah berkonsutasi dengan dokter. Tempat terbaik yang wajib untuk kamu kunjungi adalah Beautylogica. Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.