Benarkah HIFU Adalah Prosedur Pengencangan Kulit Terbaik? Simak Info Lengkapnya di Sini!

HIFU adalah salah satu prosedur perawatan kulit wajah paling populer di kalangan wanita perkotaan. HIFU bekerja dengan cara meningkatkan pembentukan kolagen pada kulit sehingga kulit wajah tetap sehat, kenyal, dan tampak awet muda.

Pada awalnya, HIFU lebih dikenal sebagai pengobatan tumor karena gelombang ultra yang dapat membunuh sel kanker. Namun, kini HIFU juga dapat digunakan sebagai prosedur kosmetik, yang memiliki fungsi hampir sama dengan facelift. Bedanya, HIFU bersifat non-invasif sehingga tidak terlalu menimbulkan rasa sakit.

Berikut Adalah Prosedur dari HIFU Treatment

Perawatan HIFU adalah prosedur yang cukup aman. Jadi, tidak ada persiapan khusus untuk melakukan perawatan ini. Sebelum tindakan prosedur dilakukan, kamu hanya perlu membersihkan wajah dari produk riasan saja.

Berikut adalah beberapa langkah prosedur saat kamu menjalani perawatan HIFU:

  • Dokter akan memberikan seluruh wajah atau area tindakan.
  • Dokter atau perawat akan mengoleskan krim anestesi, agar pasien bisa tetap nyaman saat prosedur dilakukan.
  • Dokter atau perawat mulai memberikan gel ultrasonik.
  • Perangkat HIFU kemudian ditempatkan pada kulit.
  • Dokter atau perawat menyesuaikan perangkat HIFU ke pengaturan yang tepat.
  • Energi ultrasonik mulai dikirim ke area target di wajah selama sekitar 30–90 menit.
  • Setelah tindakan prosedur selesai, wajah akan kembali dibersihkan.

Saat menjalani perawatan HIFU, kamu mungkin merasakan sensasi panas dan kesemutan, terutama saat energi ultrasonik dilepaskan. Namun jangan khawatir, sensasi ini muncul karena HIFU merupakan perawatan yang memanfaatkan energi khusus dari peralatan yang digunakan. Jika kamu benar-benar merasakan sakit, dokter atau perawat bisa menyesuaikan perangkat HIFU, atau memberimu obat penghilang rasa sakit.

HIFU adalah perawaan yang aman dan biasanya tidak menimbulkan efek samping. Meskipun beberapa orang mengalami kemerahan dan pembengkakan pada kulit, biasanya efek samping tersebut dapat mereda dan hilang dalam beberapa hari. Studi menunjukkan bahwa hasil dari perawatan HIFU, biasanya hanya akan bertahan sekitar 6 bulan. Oleh karena itu, ada kemungkinan kamu akan memerlukan perawatan tambahan setiap 6 bulan.

Baca juga:

Manfaat Perawatan HIFU

Tempat perawatan HIFU di Jakarta

Dibandingkan dengan metode lain, HIFU memiliki beberapa keunggulan. Misalnya dari segi efisiensi waktu, biaya, hingga waktu pemulihan. Orang yang menjalani HIFU juga tidak perlu mematuhi pantangan tertentu. Ditambah lagi, HIFU adalah perawatan yang terbilang relatif murah, jika dibandingkan dengan bedah plastik seperti Face Lift.

Tidak hanya itu, HIFU merupakan perawatan yang juga memiliki berbagai manfaat untuk kulit wajah, seperti:

  • Menghaluskan kulit wajah.
  • Mempertegas garis rahang
  • Mengurangi kerutan di wajah
  • Mengencangkan kulit kendur di leher
  • Mengangkat kulit di sekitar pipi, alis dan kelopak mata
  • Mengencangkan area kulit antara leher dan payudara

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun tidak semua orang cocok dengan pengobatan HIFU. Prosedur ini lebih direkomendasikan untuk orang berusia 30-an, karena HIFU lebih efektif bila dilakukan pada kulit kendur tingkat ringan hingga sedang.

Kulit yang terlalu kendur dan berkerut mungkin memerlukan beberapa prosedur HIFU sebelum benar-benar menunjukkan hasil. Jadi kamu tidak perlu khawatir dengan hasilnya, karena HIFU merupakan perawatan yang cukup efektif.

Efek Samping HIFU Treatment

Perawatan HIFU adalah prosedur yang sangat aman, selama dilakukan oleh orang yang profesional, terlatih, dan berpengalaman. Dalam beberapa kasus, kamu mungkin mengalami mati rasa atau memar sementara. Namun, hal tersebut sebenarnya sangat jarang terjadi. Apabila terjadi, efek samping ini biasanya hilang setelah beberapa hari.

Saat menjalani prosedur HIFU, pasien mungkin akan mengalami sedikit rasa tidak nyaman. Jadi sebelum tindakan prosedur dilakukan, dokter mungkin memberimu obat pereda nyeri seperti asetaminofen atau ibuprofen. Pasien juga mungkin akan mengalami pembengkakan ringan atau kemerahan setelah prosedur. Namun, efeknya akan hilang setelah beberapa jam. Bagian terbaiknya, pasien HIFU bisa langsung pulang dan menjalani aktivitas sehari-hari ketika tindakan prosedur selesai dilakukan.

HIFU adalah Solusi Terbaik Ketika Kamu Enggan Melakukan Face Lift

Perawatan HIFU diprediksi menjadi salah satu pilihan terbaik, terutama bagi mereka yang ingin mengencangkan kulit. Tapi apakah ini benar? Jika melihat efek dari prosedur tersebut, tentunya operasi Face Lift dapat memberikan hasil yang optimal.

Namun bagi yang enggan melakukan operasi plastik Face Lift, maka perawatan HIFU menjadi pilihan yang harus kamu coba. Ini karena perawatan ini adalah prosedur non-invasif, yang berarti tidak memerlukan operasi.

Jadi ketika prosedur selesai, HIFU adalah perawatan yang jauh lebih menyakitkan daripada operasi Face Lift. Kamu juga tidak perlu takut dengan gejala pasca prosedur. Karena efek pengobatan HIFU tidak serumit prosedur operasi plastik.

Baca juga:

Perbedaan antara HIFU dan Face Lift

HIFU adalah treatment untuk solusi wajah kendur

Perbedaan paling jelas antara HIFU dan Face Lift tentu saja terletak pada prosedur tindakan. Jika Face Lift adalah prosedur yang memerlukan pembedahan, maka HIFU hanya dilakukan dengan bantuan teknologi canggih. Namun perlu kamu ketahui, HIFU adalah perawatan yang memang bisa mengencangkan kulit, namun untuk mengatasi kerutan, perawatan ini hanya bisa mengobati kerutan yang masih belum terlalu dalam.

Untuk mengetahui lebih jelas, berikut poin perbedaan HIFU dan Face Lift:

HIFU
  • Bersifat non-invasif.
  • Waktu pemulihan yang cepat dan memungkinkan pasien untuk langsung beraktivitas beberapa jam setelah tindakan prosedur selesai.
  • Risiko: kemerahan dan pembengkakan ringan.
  • Efektivitas: 94% pasien menggambarkan peningkatan penampilan kulit setelah 3 bulan, dalam penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Dermatology.
Face Lift
  • Bersifat invasif, yaitu membutuhkan tindakan bedah pada kulit wajah.
  • Waktu pemulihan sekitar 2-4 minggu.
  • Risiko: risiko anemia, perdarahan, infeksi, pembekuan darah, nyeri dan jaringan parut, rambut rontok di area tindakan.
  • Efektivitas: 97,8% pasien menyebutkan peningkatan penampilan wajah yang amat baik, atau melampaui ekspektasi setelah satu tahun, berdasarkan sebuah riset dalam jurnal Plastic and Reconstructive Surgery.

Jika melihat perbedaan antara kedua jenis prosedur di atas, tentu secara umum keduanya sangat berbeda. Setiap prosedur memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bagi kamu yang bingung menentukan pilihan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan.

HIFU Adalah Perawatan yang Aman

HIFU adalah prosedur kosmetik yang cukup aman. Pasalnya, perawatan ini termasuk metode non-invasif, dan minim terhadap risiko dan efek samping. Jadi bagi kamu yang ingin melakukan Facelift namun masih takut dengan operasi, maka HIFU adalah solusinya.

Selain minim risiko efek samping, HIFU juga tidak membutuhkan waktu untuk proses pemulihan. Sehingga setelah prosedur selesai, pasien HIFU dapat kembali beraktivitas seperti biasa, tanpa takut akan munculnya efek samping.

Perawatan HIFU juga akan lebih aman jika ditangani oleh praktisi medis yang berpengalaman. Untuk itu, pilihlah klinik kecantikan dengan lebih selektif. Kenali reputasi mereka di dunia kecantikan, serta kelengkapan alat yang mereka miliki.

Catatan dari Beatuylogica Clinic

Untuk menjalani pengobatan HIFU, kamu tidak bisa sembarangan melakukannya. Pastikan untuk selalu didampingi oleh praktisi medis yang berpengalaman, dan dilengkapi dengan peralatan yang mumpuni. Untuk itu, pilihlah klinik kecantikan terbaik saat ingin melakukan perawatan.

HIFU adalah pengobatan yang cukup efektif, tetapi untuk hasil yang optimal, kamu juga harus mengikuti setiap arahan dari dokter. Misalnya seperti mengikuti tips, mengulang prosedur, menjaga pola hidup dengan baik, dll. Untuk konsultasi bisa menghubungi kami di 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *