Ingin Melakukan Tindakan Bedah Hidung, Ketahui Dulu Alasan dan Bagaimana Pasca Operasi

Operasi Hidung Indonesia

Bedah HidungMemiliki bentuk hidung yang ideal adalah impian bagi sebagian orang. Dengan hidung yang ideal, tentu penampilan wajah akan lebih menarik. Hal ini juga akan membuat pemiliknya menjadi lebih percaya diri. Bentuk hidung sangat dipengaruhi oleh faktor genetik. Biasanya, ukuran hidung akan berhenti ketika orang berumur 16 tahun.

Ketika bentuk hidung dinilai kurang proporsional, maka banyak orang yang merasakan minder. Hal ini terlihat dari kurangnya rasa percaya diri mereka terhadap penampilan. Oleh karena itu, banyak upaya-upaya yang dilakukan demi mendapatkan bentuk dan ukuran hidung yang ideal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan tindakan bedah plastik.

Pada dasarnya, bedah plastik adalah sebuah prosedur yang dilakukan untuk merekonstruksi bentuk dan fungsi bagian tubuh. Biasanya, orang melakukan prosedur ini untuk tujuan estetika. Namun tidak menutup kemungkinan, tindakan bedah semacam ini dilakukan karena alasan medis. Bagi kamu yang ingin melakukan tindakan bedah pada area hidung, ketahui dulu yuk segala jenis tentang tindakan tersebut. Simak penjelasannya hingga artikel ini berakhir, yaa!

Jenis-jenis Bedah Hidung

Tindakan bedah pada area hidung memiliki beberapa jenis. Di Beautylogica Clinic sendiri, setidaknya ada empat jenis tindakan bedah pada area hidung. Setiap jenis tindakan memiliki fungsi dan tentunya tujuan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis tindakan bedah pada area hidung yang ada di Beautylogica Clinic:

  1. Rhinoplasty

Rhinoplasty adalah sebuah tindakan bedah plastik yang bertujuan untuk membuat hidung menjadi lebih mancung. Berbeda dengan tanam benang hidung, tindakan bedah plastik ini membuahkan hasil yang permanen. Prosedur dari Rhinoplasty dilakukan dengan cara memberikan anestesi terlebih dahulu pada pasien. Ketika proses pemberian anestesi selesai dilakukan, dokter akan membuat sayatan pada area hidung. Sayatan ini dibuat untuk memasukkan implan agar bentuk hidung bisa terlihat lebih mancung. Rhinoplasty sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan implan buatan, dan tulang rawan pada telinga.

  1. Tip Rhinoplasty

Tindakan bedah hidung selanjutnya adalah Tip Rhinoplasty. Jika Rhinoplasty bertujuan untuk membuat hidung lebih mancung, maka Tip Rhinoplasty adalah tindakan bedah plastik yang terfokus pada area ujung hidung. Tindakan bedah plastik ini sangat efektif untuk membuat tampilan ujung hidung agar menjadi lebih tinggi. Dalam prosedurnya, Tip Rhinoplasty dilakukan dengan membuat sayatan pada area cuping hidung bagian dalam. Sayatan tersebut berguna sebagai jalur masuknya implan. Implan yang akan dimasukkan juga bisa digantikan dengan tulang rawan telinga.

  1. Contouring Nose Bone

Salah satu permasalahan yang paling sering ditemui pada area hidung adalah tulangnya yang terlalu menonjol. Punuk atau hump yang terlalu menonjol, dianggap kurang baik untuk estetika wajah. Nah, untuk mengatasi hal tersebut maka Contouring Nose Bone adalah tindakan yang tepat. Salah satu jenis perawatan hidung ini sangat efektif untuk membuat tampilan tulang hidung yang menonjol jadi tidak terlihat lagi. Tindakan bedah plastik ini dilakukan dengan cara mengikis tulang hidung. Untuk membuat tampilannya agar lebih natural, ada juga dokter yang akan memasangkan implan buatan pada area hidung tersebut.

  1. Nose Alar Reduction

Tindakan bedah hidung yang terakhir adalah Nose Alar Reduction. Tindakan bedah plastik ini bertujuan untuk mengecilkan cuping hidung. Caranya adalah dengan membuat sayatan pada kanan dan kiri cuping hidung. Lalu, kelebihan jaringan pada area tersebut akan dibuang. Ketika sudah, area sayatan tersebut akan dijahit agar menjadi rapat kembali. Tindakan bedah ini harus ditangani langsung oleh dokter spesialis bedah plastik. Hal tersebut bertujuan agar setiap prosedur dijalankan dengan tahap-tahap yang aman.

Alasan Orang-orang Melakukan Tindakan Bedah Hidung

Setiap orang pasti memiliki alasan yang berbeda-beda ketika ingin melakukan tindakan bedah pada area hidung. Namun pada umumnya, ada dua alasan yang biasanya membuat orang melakukan operasi tersebut. Pertama adalah karena alasan estetika, dan kedua karena alasan medis. Apabila kamu ingin melakukan operasi untuk alasan estetika, sebisa mungkin haruslah di atas usia 17 tahun.

Karena jika kamu masih berada di bawah umur tersebut, maka tulang hidung kamu masih dalam masa pertumbuhan. Berbeda halnya apabila kamu melakukan operasi hidung karena alasan medis. Tindakan  bedah hidung untuk alasan medis bisa saja dilakukan apabila umur kamu masih berada di bawah 17 tahun. Salah satu contoh alasan orang melakukan tindakan bedah pada area hidung karena alasan medis adalah karena gangguan pernapasan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Operasi Bedah Hidung

Sebelum melakukan operasi hidung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah melakukan konsultasi dengan dokter. Konsultasi dilakukan untuk mengetahui keinginan dari pasien terhadap hasil dari operasi. Biasanya dokter juga akan menjelaskan tentang risiko dan komplikasi yang mungkin bisa saja terjadi akibat dari proses pembedahan pada hidung. Selain konsultasi, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kamu memutuskan untuk melakukan operasi hidung:

  1. Cek Fisik

Cek fisik sangat penting untuk dilakukan agar dokter dapat menentukan perubahan apa yang harus dilakukan terhadap hidung kamu. Beberapa pemeriksaan fisik yang dapat dilakukan adalah mengenai struktur hidung, ketebalan kulit, dan kondisi di dalam maupun luar hidung kamu.  Cek fisik yang dilakukan juga sangat mempengaruhi hasil dan dampak dari operasi bedah hidung terhadap pernapasan si pasien.

  1. Cek Riwayat Kesehatan

Cek riwayat kesehatan juga tidak kalah penting dengan cek fisik. Cek riwayat kesehatan berguna untuk mengetahui riwayat penyakit atau tindakan operasi terdahulu yang pernah dilakukan oleh pasien. Selain itu, penggunaan obat juga perlu diketahui agar dokter bisa mengantisipasi apabila ada obat-obatan yang membuat pasien alergi atau pendarahan berlebih.

Pasca Operasi Bedah Hidung

Bedah Hidung MurahSetelah mengetahui tentang jenis, prosedur, hingga persiapan sebelum melakukan tindakan bedah pada area hidung, kamu juga harus mengetahui efek yang timbul pasca operasi dilakukan. Kamu juga harus mengetahui bahwa tindakan bedah/operasi pasti memiliki risiko dan komplikasi yang mungkin saja terjadi. Tinggal bagaimana kita meminimalisir hal tersebut agar tidak terjadi pada kita. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin dapat terjadi setelah melakukan bedah hidung:

  1. Pengulangan Operasi

Kemungkinan pengulangan operasi dapat saja terjadi. Penyebabnya bisa karena penanganan yang kurang profesional, maupun pasien yang kurang puas terhadap hasil operasi. Oleh karena itu, pilihlah klinik kecantikan dan dokter yang memiliki reputasi baik. Hal ini sangat penting demi mendapatkan hasil operasi hidung yang memuaskan.

  1. Muncul Bekas Luka

Penanganan operasi hidung yang tidak profesional, bisa menyebabkan bekas luka pada area sekitar tindakan. Salah satu bekas luka yang mungkin akan muncul adalah jaringan parut dan bekas sayatan. Oleh karena itu, hati-hati yaa!

  1. Efek Samping Pemakaian Obat Bius

Pemakaian obat bius juga dapat membuat pasien menjadi alergi. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter tentang apapun yang berkaitan dengan pantangan kamu. Hal ini untuk menjaga prosedur agar tetap aman saat dilakukan.

  1. Pembuluh Darah Pecah

Hidung adalah bagian tubuh yang memiliki banyak sekali pembuluh darah. Oleh karena itu, sentuhan yang kasar sangat rentan merusak pembuluh darah. Ketika proses bedah hidung dilakukan dengan tidak benar, mungkin saja akan membuat pembuluh darah pecah. Pembulu darah yang pecah akan menimbulkan bintik kecil berwarna merah, yang tentunya akan merusak nilai keindahan pada wajah kamu.

Dimana Tempat Operasi Bedah Hidung yang Aman dan Murah?

Setelah mendengar penjelasan tentang segala hal yang berkaitan dengan operasi hidung, kamu jadi paham kan betapa rumitnya tindakan ini? Oleh karena itu, penanganannya harus diserahkan oleh orang berpengalaman dan profesional. Salah satu tempat yang mejadi rekomendasi favorit dalam hal ini adalah Beautylogica Clinic.

Sebagai klinik kecantikan terlengkap, kami memiliki banyak sekali keunggulan yang sangat menarik. Tidak heran apabila di tahunnya yang ketiga ini, Beautylogica Clinic semakin dicintai oleh para penggemarnya. Berikut adalah beberapa keunggulan Beautylogica Clinic yang membuatnya menjadi klinik kecantikan favorit untuk segala macam perawatan kecantikan, termasuk bedah hidung:

  1. Harga Perawatan Kecantikan yang Murah

Beautylogica Clinic adalah sebuah klinik kecantikan yang mengusung konsep “Beauty for Everyone”. Dengan konsep tersebut, kami ingin membuktikan bahwa cantik itu bisa didapatkan oleh semua orang. Hal tersebut kami interpretasikan dengan memberikan setiap perawatan kecantikan dengan harga yang murah, namun tetap berkualitas. Selain itu, kami juga menjamin setiap perawatan akan aman dan nyaman untuk dilakukan.

  1. Peralatan Medis Terbaik

Selain terkenal karena harganya yang ekonomis, kami juga menyuguhkan peralatan medis yang terbaik. Hal ini kami buktikan dengan mengimpor peralatan medis langsung dari luar negeri. Peralatan yang kami gunakan juga telah FDA Approved, sehingga sangat aman untuk digunakan.

  1. Dokter Spesialis Berpengalaman

Untuk menunjang tindakan bedah hidung dan perawatan lainnya agar tetap aman dan memuaskan, kami juga menyediakan dokter-dokter spesialis yang berpengalaman. Selain berpengalaman, dokter yang berpraktik di Beautylogica Clinic tentu telah bersertifikasi dan memiliki kompetensi yang tinggi pada bidangnya. Jadi kamu tidak perlu lagi khawatir soal keamanan prosedur tindakan. Dokter di Beautylogica Clinic juga sangat ramah sehingga enak untuk diajak berkonsultasi. Oleh karena itu, cepat datang dan rasakan pengalamannya!

  1. Perawatan Kecantikan Terlengkap

Beautylogica Clinic juga terkenal karena memiliki jenis perawatan kecantikan yang lengkap. Di sini, kami memiliki lebih dari 50 jenis perawatan untuk memenuhi kebutuhan para Beautylovers sekalian. Jenis perawatan tersebut terbagi menjadi empat kategori, yaitu Plastic Surgery, Body Care, Hair Care, dan Aesthetic Treatment. Dengan kelengkapan jenis perawatan, tentu pasien akan lebih mudah menemukan solusi untuk mempercantik dirinya

Bagi kamu yang ingin mencoba perawatan di Beautylogica Clinic, kami hadir di empat cabang. Dua cabang berada di kota Jakarta, yaitu Sudirman dan Pejaten. Dua cabang lagi berada di kota Solo dan Medan. Dengan tersebarnya kami di kota-kota besar, tentu akan membuat pasien lebih mudah mengakses kami. Selain itu, lokasi praktik kami juga berdiri di area-area yang strategis. Untuk informasi dan pemesanan, kamu bisa menghubungi hotline kami di nomor 0819 0500 0000. Jadi tunggu apa lagi? Segera datang dan rasakan bedah hidung terbaik hanya di Beautyogica Clinic!

About dr Risa Crisanti

Bidang Bedah Plastik adalah suatu impiannya sejak tamat SMA. dr Risa Crisanti, SpBP-RE yang akrab disapa dengan dr. Risa memulai dengan memasuki sekolah Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (UNPAD) sebagai dokter umum kemudian melanjutkan sekolah spesialis Bedah Plastik di Universitas Indonesia. Beliau pernah mengikuti konfrensi luka bakar di Vienna, Austria dan training bedah plastik selama 3 bulan di Showa University Japan tahun 2015. Dokter yang memiliki hobi traveling dan kuliner ini juga sangat menyukai art yang selalu dikaitkan dengan bidang bedah plastik, menurutnya mendalami bedah plastik adalah sesuatu yang artistik dan unik yang bertujuan sebagai harmonisasi (penyempurnaan) bentuk anggota tubuh secara fisik menjadi lebih indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *