Bahayakah tindakan pemutihan gigi?

Bahayakah tindakan pemutihan gigi?

Perawatan pemutihan gigi, atau yang sering dikenal oleh umum sebagai bleaching atau teeth whitening sedang marak akhir-akhir ini. Banyak gigi yang berubah warna menjadi lebih gelap akibat proses konsumsi makanan atau minuman yang menyebabkan perubahan warna, seperti teh, kopi, ataupun merokok.

Apa sebenarnya teeth whitening itu? Teeth whitening adalah proses mengembalikan warna gigi menjadi lebih cerah secara kimiawi, dengan menggunakan suatu zat yang dioleskan pada gigi. Zat tersebut akan masuk ke dalam gigi dan mengubah warna gigi menjadi beberapa tingkat lebih cerah.  Apakah proses pemutihan gigi tersebut berbahaya? Bahan yang digunakan memang merupakan bahan kimia, oleh karena itu tindakan teeth whitening harus dilakukan oleh dokter gigi yang profesional. Apabila dikerjakan oleh dokter gigi, maka teeth whitening tidak berbahaya, tetapi akan berbahaya apabila dikerjakan oleh orang awam atau oleh tukang gigi. Tidak sedikit kasus dapat ditemukan di internet, mengenai pengerjaan teeth whitening yang dilakukan bukan oleh dokter gigi. Hal ini sungguh berbahaya karena mereka tidak tahu cara pengaplikasian yang baik.

Perawataan teeth whitening aman dilakukan dan dapat bertahan kurang lebih 6 bulan tergantung kebiasaan pasien. Apabila pasien sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang berwarna seperti teh, kopi, kunyit, minuman bersoda, maka akan berefek pada perubahan warna gigi yang lebih cepat. Tindakan teeth whitening dilakukan di klinik gigi selama kurang lebih 1 jam dan cukup 1 kunjungan saja. Rasa ngilu mungkin dapat dirasakan sebagai efek samping, tapi ini bervariasi pada tiap pasien dan biasanya berlangsung tidak terlalu lama.

Konsultasikan dengan dokter gigi anda sebelum melakukan perawatan teeth whitening, dan pastikan tindakan teeth whitening dilakukan oleh dokter gigi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

 

About admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *