Bahaya Sinar Matahari untuk Kulit Wajah Menurut Dokter Spesialis Kulit

Bahaya Sinar Matahari untuk Kulit – Kulit wajah adalah sebuah bagian yang sangat berpengaruh terhadap penampilan seseorang. Dengan kulit wajah yang sehat dan cerah bersinar, tentu penampilan seseorang akan jauh lebih menarik. Untuk itu, sebaiknya lakukanlah perawatan ekstra untuk menjaga kulit akan tetap terlihat sehat.

Bagi orang Indonesia sendiri, mendapatkan kulit yang sehat dan cerah bersinar adalah sebuah tantangan. Selain karena iklim tropisnya, tingkat polusi yang tinggi juga membuat kulit orang Indonesia rentan terkena masalah. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang takut keluar pada saat siang hari.

Pada saat siang hari, Indonesia memiliki suhu yang lumayan tinggi. Hal ini membuat banyak orang merasa takut hitam. Padahal, permasalahan kulit akibat panas matahari bukan hanya soal itu, lho. Pada artikel kali ini, kami akan membahas informasi seputar permasalahan kulit wajah akibat sinar matahari, dan bagaimana cara mengatasinya. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Bahaya Sinar Matahari untuk Kulit Wajah

Sinar matahari adalah sebuah sumber kehidupan. Kulit manusia juga membutuhkan sinar matahari untuk mendapatkan vitamin alami. Namun apabila terlalu lama terkena paparan sinar matahari, kulit manusia juga akan mengalami berbagai permasalahan. Berikut adalah beberapa permasalahan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari:

  1. Kanker kulit

Sebanyak 80-90% kasus kanker kulit, penyebabnya adalah karena terlalu sering terkena paparan sinar matahari. Ketika kulit terus terbakar di bawah sengatan sinar ultraviolet, maka bisa membuatnya rusak dan meningkatkan risiko kanker.

  1. Kulit Kusam

Ketika kulit tidak dilindungi dan selalu terkena sinar matahari, kulit bisa rusak. Salah satu kerusakan yang langsung dan sering dialami adalah kulit kusam. Ketika kulit menjadi kusam, tentu penampilan menjadi kurang menarik. Hal ini yang juga sering membuat seseorang memiliki rasa minder dengan kulitnya. Berbagai efek lain juga dapat muncul, contohnya seperti bintik-bintik hitam, keriput, penuaan dini, kanker kulit, dll. Apabila kamu mengalami permasalahan kulit semacam ini, maka lakukanlah perawatan dengan bahan alami ataupun di klinik kecantikan.

  1. Bahaya Sinar Matahari untuk Kulit WajahPenghancuran melanin

Efek dari bahaya sinar matahari untuk kulit wajah selanjutnya adalah hancurnya melanin pada kulit. Ketika tubuh terkena sinar matahari, kulit akan memproduksi melanin, sejenis zat kimia yang melindungi tubuh dari sinar jahat UV.  Karena dibutuhkan beberapa jam untuk kulit untuk memproduksi melanin, sebaiknya kamu tidak terlalu lama berdiri di bawah teriknya sinar matahari.

Melanin adalah apa yang membuat kulit lebih gelap sebagai respon defensif untuk melindungi kulit dari sinar UV terus menerus. Jadi efek langsung adalah untuk membuat kulit tidak cerah. Namun, melanin dapat memberikan penampilan yang mengkilap untuk tubuh, juga mampu menurunkan produksi serta fungsinya saat kulit terus terkena sinar matahari. Hal ini membuat melanin tidak dapat bekerja lagi untuk melindungi kulit.

  1. Kulit Terbakar

Kulit akan berubah warna menjadi merah dan terbakar bila terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Namun efek ini dapat relatif singkat karena akan hilang dalam beberapa hari ke depan. Untuk mengurangi rasa sakit, kamu bisa mandi dengan air dingin atau menggunakan lotion tertentu yang dingin atau pendinginan, seperti gel lidah buaya misalnya. Kulit terbakar adalah sebuah kondisi yang membuktikan bahwa bahaya sinar matahari untuk kulit wajah benar-benar dapat terjadi.

  1. Peningkatan suhu (panas)

Masalah berikutnya terjadi ketika suhu tubuh meningkat dari normal (37 ° C) sampai 40 ° C. Sebagai dampaknya, kulit terasa panas untuk disentuh, dan jika tidak segera diobati, tubuh dapat menderita sakit, berkeringat, pusing, dan bahkan pingsan. Selain itu, tubuh akan mengalami dehidrasi karena jumlah air yang hilang.

Untuk memperbaiki ini, Anda perlu untuk segera berlindung atau istirahat di tempat yang dingin dan minum banyak air. Biasanya tubuh akan pulih setelah 30 menit, tetapi jika tidak, maka saatnya untuk pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih intens.

Perawatan untuk Mengatasi Permasalahan Kulit Wajah

Bagi kamu yang mengalami permasalahan kulit wajah, segeralah lakukan perawatan untuk mengatasinya. Salah satu cara instan dan paling efektif adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Dengan perawatan di klinik kecantikan, kamu bisa mengatasi bahaya sinar matahari untuk kulit wajah dengan mudah. Berikut adalah beberapa rekomendasi treatment yang cocok menurut Beautylogica Clinic:

  1. Silk Peel

Silk Peel dilakukan dengan menggunakan alat yang terdiri dari Kristal Micro dan serum khusus. Dalam melakukan prosedurnya, biasanya Silk Peel hanya membutuhkan waktu sekitar 30-45 menit. Setelah melakukan prosedur, perawatan ini umumnya akan menimbulkan sedikit rasa perih dan kemerahan. Namun efek ini tidak berlangsung lama dan akan hilang pada hari itu juga.  Jenis perawatan ini juga tidak memerlukan waktu pemulihan.

Setelah prosedur selesai dilakukan, kamu bisa langsung beraktivitas seperti biasa. Namun, disarankan untuk tidak terpapar sinar matahari secara langsung selama 7 hari terlebih dahulu. Setelah kita tau bahaya sinar matahari untuk kulit wajah, sebaiknya setelah prosedur dilakukan, ikuti anjuran dokter terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mencegah iritasi pada kulit. Untuk hasil yang memuaskan, biasanya diperlukan sesi perawatan ulang pada kurun waktu 3-4 minggu ke depan.

  1. Derma Skin Booster

Jenis perawatan ini dilakukan dengan menggunakan Capsugen dan serum khusus. Derma Skin Booster sangat efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kulit wajah. Contohnya seperti mengangkat sel kulit mati, menyamarkan flek hitam, dll. Dalam prosedurnya, perawatan ini dimulai dengan membersihkan wajah pasien. Ketika sudah, wajah pasien akan dioleskan serum khusus secara merata.

Selanjutnya wajah pasien akan dibersihkan menggunakan capsugen dengan gerakan memutar. Lalu perawat akan  melakukan massage pada wajah pasien agar serum lebih menyerap, setelah itu akan di aplikasikan masker selama beberapa menit dan kemudian dibersihkan. Kedua jenis perawatan ini termasuk pada top best seller treatment di Beautylogica Clinic. Jadi bahaya sinar matahari untuk kulit wajah dapat teratasi dengan mudah, murah, dan lebih aman.

About dr Christy Adhistiani

dr Christy Adhistiani atau yang lebih dikenal dengan sapaan dr Cesi ini adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Kecintaannya terhadap dunia estetika dan kecantikan membawa perempuan kelahiran Solo ini semakin mantap untuk berkarir di bidang tersebut hingga kurang lebih 1 dekade. Sebagai dokter estetika di Beautylogica Clinic, Solo, bukan hanya segudang pengalaman untuk memberikan keindahan kepada semua pasiennya, wanita yang gemar sekali bersepeda ini pun selalu memperkaya ilmunya terlebih dibidang estetika dengan mengikut berbagai seminar serta pelatihan baik di dalam atau di luar negeri seperti di Thailand dan Malaysia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *