Tak Pakai Plastik, Inilah Fakta tentang Bahan yang Digunakan untuk Operasi Plastik

Apakah Bahan yang Digunakan untuk Operasi Plastik?

Bahan yang Digunakan untuk Operasi Plastik – Operasi plastik merupakan sebuah cabang medis yang berfokus pada tindakan estetika. Artinya, tindakan yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan penampilan diri.

Dengan operasi plastik, seseorang dapat merubah penampilan tubuhnya menjadi seperti yang mereka inginkan. Perubahan bentuk tubuh ini dilakukan dengan tindakan rekonstruksi sesuai pada bagian tubuh yang diinginkan.

Operasi plastik dapat dilakukan di hampir seluruh bagian tubuh. Mulai dari rambut, wajah, payudara, bahkan hingga alat vital sekalipun. Namun, operasi ini membutuhkan tenaga ahli yang khusus untuk melakukan prosedurnya. Dokter yang berhak menangani tindakan ini hanyalah dokter spesialis bedah plastik.

Mendengar kata operasi plastik, ternyata masih banyak orang yang salah kaprah terhadap tindakan tersebut. Khususnya mengenai bahan yang digunakan untuk operasi plastik. Nah, pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan menjelaskan tentang operasi plastik secara lebih detail. Tanpa berlama-lama lagi, mari simak pembahasannya di bawah ini!

Apa itu Operasi Plastik? 

Operasi plastik adalah sebuah tindakan rekonstruksi yang bertujuan untuk memperbaiki penampilan tubuh. Dalam definisi lain, operasi plastik juga dapat digunakan untuk memperbaiki cacat atau kekurangan fungsional pada tubuh.

Kata “Plastik” pada operasi plastik, sangat sering disalahartikan. Kata inilah yang membuat banyak orang menjadi salah kaprah. Kebanyakan orang menganggap bahwa operasi plastik dilakukan dengan menggunakan bahan plastik.

Faktanya, hal tersebut tidaklah benar. Kata “Plastik” pada operasi plastik, merupakan sebuah kata serapan yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Plastikos” . Jika diartikan, kata plastikos sendiri memiliki arti “membentuk”. Hal ini sejalan dengan tindakan yang dilakukan pada prosedur operasi tersebut, yaitu rekonstruksi tubuh.  

Baca juga:

Bahan yang Digunakan untuk Operasi Plastik

Bahan yang Digunakan untuk Operasi Plastik

Bagi orang yang belum mengerti tentang operasi plastik, pasti mengira bahwa operasi ini dilakukan dengan menggunakan bahan plastik. Pemikiran seperti ini sudah tersebar cukup luas, dan membuat gambaran operasi plastik menjadi negatif.

Dalam tindakan operasi plastik, ada dua jenis bahan yang biasa digunakan. Pertama adalah implan silikon, dan yang kedua adalah implan dari tulang rawan. Kedua implan ini digunakan sesuai kebutuhan dari area tubuh yang ingin direkonstruksi.

Contohnya, implan silikon biasanya digunakan pada beberapa area tubuh seperti hidung, payudara, bokong, dll. Lalu untuk implan tulang rawan, biasanya digunakan untuk bagian hidung. Selain kedua jenis implan tersebut, operasi plastik juga dapat dilakukan dengan proses perpindahan lemak, serta pengurangan jaringan berlebih pada tubuh.

Apakah Operasi Plastik Aman untuk Dilakukan?

Setelah mengetahui sedikit tentang bahan yang digunakan untuk operasi plastik, pasti akan timbul pertanyaan bahwa apakah operasi ini aman untuk dilakukan? Hal ini wajar, mengingat tindakan operasi plastik masih terdengar asing untuk sebagian orang di Indonesia.

Namun perlu kalian ketahui, operasi plastik pertama kali dilakukan sudah sejak pada abad ke-19, tepatnya pada tahun 1837. Dari pertama kali dilakukan, operasi plastik sudah banyak bertransformasi menjadi lebih baik. Sejak saat itu pula, area yang dapat dilakukan operasi plastik pun menjadi lebih luas.

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan medis, tentu operasi plastik menjadi kian aman untuk dilakukan. Hal tersebut karena mulai banyak ahli bedah plastik yang bermunculan. Bahkan di Indonesia sendiri, dokter spesialis bedah plastik sudah tak terhitung jumlahnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Indonesia juga sudah memiliki banyak tempat untuk melakukan operasi plastik. Selain rumah sakit tertentu, kini juga sudah tersebar klinik kecantikan yang menyediakan jasa operasi plastik. Dalam berpraktik pun, para dokter yang ada di Indonesia sudah memastikan bahwa bahan yang digunakan untuk operasi plastik sangat aman.

Sebagai informasi tambahan, di Korea Selatan pun operasi plastik sudah menjadi sebuah budaya. Pasalnya, sebagian besar orang yang tinggal di sana, pasti ingin dan pernah melakukan operasi plastik. Bahkan dalam beberapa kejadian, hadiah kelulusan sekolah yang diterima remaja Korea Selatan adalah melakukan operasi plastik.

Dengan banyaknya jasa dan orang yang melakukan operasi plastik di Korea Selatan, membuat negara ini dijuluki sebagai ibu kota operasi plastik sedunia. Fakta inilah yang membuktikan bahwa operasi plastik aman, dan sudah banyak dilakukan.

Baca juga:

Risiko Melakukan Operasi Plastik

Risiko dari Operasi Plastik

Walaupun terbilang aman dan sudah banyak dilakukan orang, namun operasi plastik tetaplah memiliki risiko ataupun efek samping. Hal ini wajar, sebab semua tindakan bedah memang memiliki hal tersebut. Jadi agar prosedur lebih aman, peran dokter dan kredibilitas klinik kecantikan sangatlah penting.

Berikut adalah beberapa risiko yang dapat muncul ketika melakukan operasi plastik:

  • Muncul rasa sakit dan tidak nyaman
  • Pendarahan parah
  • Reaksi alergi dari bahan yang digunakan untuk operasi plastik
  • Terjadi infeksi pada area tindakan ataupun sekitarnya
  • Kemunculan bekas luka dari tindakan prosedur
  • Kegagalan prosedur
  • Hasil operasi yang tidak sesuai dengan keinginan

Beberapa risiko yang telah disebutkan di atas, merupakan gambaran secara umum. Jika lebih spesifik, kemungkinan munculnya risiko tentu akan lebih beragam. Contohnya, jika melakukan operasi hidung, kemungkinan pergeseran silikon pun bisa saja terjadi. Atau pada contoh lain, pada saat setelah melakukan operasi payudara, implan silikon yang ditanamkan bisa saja pecah.

Rekomendasi Klinik yang Dapat Digunakan untuk Operasi Plastik

Untuk meminimalisir terjadinya risiko dan efek samping, dibutuhkan dokter yang kompeten dan telah berpengalaman. Oleh sebab itu, kalian tidak bisa memilih klinik operasi plastik dengan sembarangan. Sebisa mungkin pilihlah klinik kecantikan yang kredibel, dan telah memiliki reputasi baik.

Beautylogica Clinic adalah satu klinik kecantikan terbaik untuk melakukan operasi plastik di Indonesia. Dengan menghadirkan dokter-dokter ternama dan berpengalaman, prosedur operasi plastik tidak hanya sekedar aman, namun hasilnya pun akan lebih berkualitas. Bahan yang digunakan untuk operasi plastik pun juga sudah dipastikan aman.

Beautylogica Clinic juga menjadi salah satu klinik kecantikan dengan jasa operasi terlengkap. Setidaknya, kami memiliki lebih dari 30 jenis operasi plastik yang dapat kami tangani. Jadi, bagi kalian yang tertarik melakukan operasi plastik di Beautylogica, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000. Kami tunggu kehadirannya, yaa!

 

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *