Apakah Stretch Mark Bisa Hilang_

Apakah Stretch Mark Bisa Hilang? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Apakah stretch mark bisa hilang? Jawabannya tentu saja bisa! Cara paling efektif untuk menghilangkannya adalah dengan melakukan stretch mark therapy. Perawatan ini hanya dapat kamu temukan di klinik kecantikan, dan ditangani langsung oleh dokter kulit ataupun estetika.

Stretch mark memang sebuah permasalahan kulit yang sangat mengganggu. Sebab, selain dapat merusak tekstur kulit, stretch mark dapat merusak penampilan secara keseluruhan. Hal ini tentu akan membuat seseorang yang mengalaminya, menjadi kurang percaya diri.

Kemunculan stretch mark tentu akan membuat rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Apa lagi jika posisi stretch mark ada di bagian yang mudah terlihat. Selain sulit untuk memilih busana, penderita stretch mark tentunya akan menjadi minder dan enggan untuk tampil di muka umum.

Ciri-ciri Stretch Mark

Stretch mark dapat dialami oleh siapa saja, baik itu pria ataupun wanita. Gangguan kulit ini juga tidak mengenal umur. Sebab, orang yang tergolong masih muda pun memiliki risiko yang sama dalam kemunculan stretch mark. Oleh sebab itu, mulai banyak pertanyaan seputar apakah stretch mark bisa hilang atau tidak.

Ciri dari stretch mark sangatlah mudah untuk dikenali. Umumnya, stretch mark memiliki ciri berupa guratan, ataupun garis yang memiliki warna sangat kontras dengan kulit asli penderitanya. Ada beberapa area tubuh yang rentan mengalami stretch mark. Misalnya seperti payudara, peru, paha, dan bokong.

Guratan stretch mark, biasanya memiliki warna kemerahan atau keunguan. Namun seiring berjalannya waktu, guratan ini bisa berubah warna menjadi putih atau keabuan. Kemunculan stretch mark pada area-area tersebut juga bukan tanpa alasan. Munculnya stretch mark, terjadi karena area tersebut mengandung lemak yang lebih banyak.

Baca juga:

Penyebab Stretch Mark

Penyebab Stretch Mark

Munculnya stretch mark pada permukaan kulit, lebih rentan dialami oleh orang yang memiliki sedikit kolagen pada kulitnya. Hal ini disebabkan juga oleh peningkatan berat badan yang terjadi secara drastis. Jadi ketika kedua hal ini terjadi, elastisitas kulit akan mulai terganggu. Di sinilah stretch mark pada kulit mulai muncul.

Lalu apakah stretch mark bisa hilang dalam waktu yang cepat? Tentu saja bisa! Jika dilakukan dengan langkah penanganan yang tepat, stretch mark dapat dicegah atau bahkan dihilangkan dengan cepat. Oleh sebab itu, walaupun stretch mark tidak mengganggu kesehatan, sebaiknya segera atasi dengan sedini mungkin.

Stretch mark terjadi ketika kulit mengalami peregangan dalam waktu yang singkat. Peregangan yang terjadi pada kulit, membuat lapisan dermis menjadi lebih menipis. Bila hal ini terjadi, maka lapisan yang berada di bawah akan muncul ke permukaan kulit. Nah, hal inilah yang kita kenal sekarang dengan istilah stretch mark.

Kondisi yang Bisa Berisiko Mengalami Stretch Mark

Kemunculan stretch mark memang dapat dialami oleh siapa saja. Walaupun tidak mengganggu kesehatan, namun hal ini sangat mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, kemunculan stretch mark harus segera diatasi dan dicegah sedini mungkin.

Ada beberapa kondisi yang membuat kemunculan stretch mark menjadi lebih besar, diantaranya:

  • Berat badan meningkat secara drastis
  • Sedang berada di masa kehamilan
  • Memasuki atau sedang di masa pubertas
  • Orang dengan warna kulit cerah atau terang
  • Memiliki riwayat keturunan atau faktor genetik
  • Sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Kondisi medis tertentu, misalnya seperti sindrom Marfan

Apakah Stretch Mark Bisa Dicegah?

Stretch mark yang muncul pada permukaan kulit, tidak selalu dapat dicegah. Pasalnya, setiap orang memiliki struktur dan kondisi medis yang berbeda-beda. Walaupun begitu, risiko kemunculan stretch mark masih dapat diminimalisir. Jadi selain mengetaui apakah stretch mark bisa hilang, kamu juga wajib tahu bagaimana langkah pencegahannya. Bagi kamu yang ingin tahu cara pencegahannya, kamu bisa coba terapkan beberapa cara berikut ini:

Jaga Berat Badan Ideal

Risiko kemunculan stretch mark, lebih besar terjadi ketika berat badan naik secara drastis. Oleh sebab itu, menjaga berat badan agar tetap ideal adalah langkah yang paling tepat. Bagi kamu yang sedang menjalani diet, usahakan juga untuk selalu melakukannya secara bertahap. Sebab, penurunan berat badan juga berisiko membuat kulit menjadi kendur. Diet yang ideal, bisa kamu lakukan dengan cara menurunkan berat badan sebesar setengah kg per minggu.

Khusus bagi ibu hamil, kemunculan stretch mark juga dapat dicegah dengan cara mengontrol pertumbuhan berat badan. Jika ingin aman, setidaknya tidak melebihi batas kenaikan berat badan yang normal. Batas normal dalam kenaikan berat badan ibu hamil, biasanya berada di angka 10 – 12,5 kg. Penggunaan bahan alami untuk kasus ibu hamil juga sangat disarankan. Misalnya seperti minyak zaitun dan lidah buaya. Kedua bahan tersebut, dinilai cukup efektif untuk mencegah terjadinya stretch mark pada kulit.

Mencukupi Asupan Cairan Bagi Tubuh

Kulit yang kelembapannya lebih terjaga, tentu akan memiliki risiko lebih kecil dalam kemunculan stretch mark. Untuk itu, mencukupi asupan cairan bagi tubuh adalah cara yang tepat untuk pencegahan stretch mark. Selain mencukupi asupan cairan, kamu juga disarankan untuk mengurangi minuman yang mengandung kafein. Sebab, minuman berkafein akan meningkatkan risiko kulit menjadi kering, dan membuat risiko stretch mark menjadi lebih besar.

Menerapkan Gaya dan Pola Makan yang Sehat

Gaya dan pola makan yang sehat, bukan hanya baik untuk kondisi tubuh. Namun hal ini juga dapat berdampak baik bagi kulit. Dalam kasus kemunculan stretch mark, kamu bisa mencegahnya dengan cara memperbanyak asupan Vitamin C, Zinc, dan Protein. Dengan rutin mengonsumsi kandungan tersebut, kulit akan lebih terhidrasi dengan baik, dan terhindar dari bahaya dehidrasi kulit.

Baca juga:

Apakah Stretch Mark Bisa Hilang?

Cara Menghilangkan Stretch Mark

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, stretch mark pada kulit sangat mungkin untuk dihilangkan. Dengan langkah penanganan yang tepat, stretch mark bahkan dapat dihilangkan dengan waktu yang terbilang cepat.

Cara untuk menghilangkan stretch mark, dapat kamu lakukan dengan melakukan sebuah terapi perawatan. Nama perawatan yang dimaksud adalah stretch mark therapy. Perawatan ini dilakukan dengan serum khusus, serta dibantu dengan alat yang bernama microneedling.

Perpaduan serum dan alat microneedling, memang dapat memberikan banyak manfaat bagi kulit. Dalam hal ini, terapi stretch mark dapat membuat tekstur kulit menjadi rata, dan menyamarkan stretch mark dalam waktu yang berkala.

Stretch mark therapy dapat dilakukan di area manapun pada tubuh manusia. Khususnya area yang rentan mengalami stretch mark, seperti payudara, perut, paha dan bokong. Namun agar tindakan prosedurnya lebih aman, kamu diwajibkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait.

Saat berkonsultasi, kamu pun bisa mendiskusikan seputar apakah stretch mark bisa hilang dalam waktu yang cepat. Jadi bagi kamu yang ingin berkonsultasi, kamu bisa menghubungi Beautylogica Clinic di nomor 0819 0500 0000.

Langkah lain yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakuan operasi, perawatan dengan chemical peeling, dan melakukan terapi lasetr. Beberapa metode tersebut, terbukti cukup ampuh untuk mengatas stretch mark agar bisa hilang.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *