Apakah Rambut Rontok Bisa Tumbuh Kembali? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Apakah Rambut Rontok Bisa Tumbuh Kembali? Pertanyaan semacam ini sangat sering dilontarkan, khususnya bagi mereka yang mengalami masalah kerontokan rambut. Ketakutan ini sebenarnya sangat wajar, mengingat kerontokan adalah salah satu masalah rambut yang cukup meresahkan.

Selain dapat merusak penampilan, kerontokan rambut juga dapat mempengaruhi rasa percaya diri. Oleh sebab itu, orang yang mengalami kerontokan rambut biasanya sering merasa minder. Apa lagi jika kerontokan yang dialaminya sudah tergolong parah.

Kerontokan rambut yang parah tidaklah bisa dianggap sepele. Sebab jika kondisinya sudah tak terkendali, hal ini dapat membuat penipisan rambut, atau bahkan menyebabkan kebotakan permanen. Oleh karena itu, sebaiknya jangan pernah menyepelekan masalah yang terjadi pada area kulit kepala ataupun rambut.

Jika kamu mengalami hal yang serupa, maka ini adalah artikel yang sangat tepat untuk kamu. Sebab dalam kesempatan kali ini, kami akan menjawab semua keresahan kamu tentang rambut rontok. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan perawatan yang tepat dan efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga:

Apakah Rambut Rontok Bisa Tumbuh Kembali?

Cara mengatasi rambut rontok

Perlu kalian ketahui, rambut memiliki siklus tersendiri untuk rontok dan tumbuh kembali. Dalam kondisi rambut dan kulit kepala yang sehat, kerontokan 50 – 100 helai perhari masihlah dikatakan normal. Jadi kamu tak perlu khawatir.

Lalu apakah rambut yang rontok dapat tumbuh kembali? Jawabannya tentu saja bisa! Namun, ada beberapa catatan dalam menanggapi pertanyaan semacam ini. Pada kondisi yang sehat, rambut yang mengalami kerontokan tentu dapat tumbuh kembali. Namun, ada juga beberapa kondisi kerontokan yang membuat rambut tidak dapat tumbuh kembali.

Beberapa kondisi yang membuat rambut rontok tidak bisa tumbuh kembali adalah faktor usia, genetik, dan kondisi kesehatan. Pada faktor kondisi kesehatan, rambut yang rontok pun masih memiliki kemungkinan untuk tumbuh kembali. Namun, hal ini pun tergantung dari kondisi tubuh. Jadi untuk pertanyaan tentang apakah rambut rontok bisa tumbuh kembali, jawabannya tergantung dari penyebab kerontokan, dan kondisi tubuh itu sendiri.

Baca juga:

Memahami Perbedaan Rambut Rontok yang Normal dan Abnormal

Perbedaan rambut rontok normal dan abnormal

Memahami perbedaan rambut rontok yang normal dan abnormal merupakan sebuah hal yang sangat penting. Sebab dengan tahu perbedaan dari kedua hal tersebut, kamu bisa melakukan langkah pencegahan dan pengobatan sedini mungkin.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kerontokan rambut yang normal dibatasi dengan jumlah 50 – 100 helai perhari. Lalu jika kerontokan rambut berada di atas jumlah tersebut, sudah dipastikan bahwa itu adalah kondisi yang abnormal.

Dalam bahasa medis, kondisi kerontokan yang abnormal dikenal juga dengan istilah Telogen Effluvium. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi ini terjadi, yaitu:

  • Penurunan berat badan secara drastis
  • Efek perubahan hormon
  • Efek pasca proses persalinan
  • Memasuki atau sedang di masa menopause
  • Mengalami stres
  • Menjalani prosedur medis atau terapi tertentu (kemoterapi, radioterapi, dll)

Sebagai informasi, rambut rontok berlebih (Telogen Effluvium) juga masih dapat pulih. Jadi kamu tak perlu khawatir soal apakah rambut rontok bisa tumbuh kembali atau tidak. Seiring pemulihan folikel rambut dan tubuh, serta dengan dilakukannya perawatan yang tepat, maka kondisi rambut akan kembali seperti sedia kala.

Baca juga:

Apakah Ada Perawatan yang Dapat Mengatasi Rambut Rontok Secara Efektif?

Tentu saja ada! Untuk mengatasi permasalahan rambut rontok, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Misalnya seperti menggunakan serum khusus rambut rontok, perawatan dengan bahan alami, ataupun perawatan di klinik kecantikan.

Buat kamu yang ingin menumbuhkan rambut secara lebih efektif, maka perawatan di klinik kecantikan adalah rekomendasi yang terbaik. Sebab, cara ini ditangani langsung oleh orang yang profesional, serta didukung dengan peralatan dan pengetahuan medis yang mumpuni.

Untuk merangsang pertumbuhan rambut baru setelah mengalami kerontokan, ada beberapa perawatan yang paling direkomendasikan. Perawatan-perawatan ini juga dapat menjadi jawaban atas pertanyaan seputar apakah rambut rontok bisa tumbuh kembali. Berikut adalah beberapa perawatan yang dimaksud:

Hair PRP

Hair PRP adalah sebuah perawatan yang berfokus untuk mengurangi kerontokan rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan serum khusus, yang diekstraksi dari darah pasien sendiri. Selain untuk merangsang pertumbuhan rambut baru, Hair PRP juga dapat berguna untuk mempertebal diameter rambut. Dengan manfaat tersebut, perawatan ini sangat cocok bagi kamu yang mengalami permasalahan rambut rontok.

Hair PDT

Hair PDT adalah perawatan rambut yang dilakukan dengan pancaran cahaya merah. Terapi cahaya ini terbukti cukup efektif dalam mengatasi berbagai permasalahan rambut. Selain dapat merangsang pertumbuhan rambut, Hair PDT juga dapat berguna untuk memperkuat akar rambut dan meninkatkan aliran darah ke kulit kepala.

Hair Growth Treatment

Hair Growth Treatment bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut, dan juga memperkuat akar rambut. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan serum khusus, dan dibantu dengan alat yang bernama Microneedling. Dengan alat tersebut, proses penyerapan serum akan berjalan dengan lebih maksimal, dan dapat memberikan hasil yang memuaskan.

Ketiga jenis perawatan tersebut, dapat kamu temukan dengan berkunjung ke Beautylogica Clinic. Sebelum melakukannya, pastikan terlebih dahulu untuk berkonsultasi, yaa! Sebab dengan berkonsultasi, dokter dapat memberi diagnosis yang tepat, serta merekomendasikan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan. Saat berkonsultasi, kamu juga berdiskusi seputar apakah rambut rontok bisa tumbuh kembali dengan dokter terkait. Untuk berkonsultasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi Beautylogica Clinic di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *