Apakah Keperawanan Bisa Kembali? Simak Penjelasan Ilmiahnya Berikut ini!

Apakah Keperawanan Bisa Kembali Simak Penjelasan Ilmiahnya Berikut ini!

Apakah Keperawanan Bisa Kembali? Pertanyaan semacam ini sangat sering dilontarkan oleh para wanita. Hal ini sebenarnya sangat wajar. Mengingat keperawanan merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi wanita.

Lalu apa sih keperawanan itu? Dilansir dari KBBI, keperawanan adalah kata turunan dari kata “perawan”. Hal ini merujuk pada kondisi seorang wanita yang masih murni, atau belum pernah bersetubuh dengan laki-laki. Dengan kata lain, keperawanan adalah kesucian, kegadisan, atau kemurnian seorang gadis.

Merujuk dari definisi kata tersebut, pembahasan tentang apakah keperawanan bisa kembali akan kita ulas lebih lanjut. Bagi kamu yang penasaran, yuk simak penjelasan ilmiahnya di bawah ini!

Apakah Keperawanan Bisa Kembali?

Keperawanan adalah sebuah istilah sosial yang menggambarkan seorang wanita yang belum pernah berhubungan badan dengan lawan jenisnya. Seorang wanita dikatakan tidak perawan, ketika selaput dara mereka sobek atau rusak akibat berhubungan badan dengan laki-laki.

Menurut dokter bedah plastik dari Beautylogica Clinic, jika yang dimaksud adalah memperbaiki kerusakan selaput dara, maka hal tersebut sangat mungkin untuk dilakukan. Namun untuk istilah perawan bisa kembali atau tidak, hal tersebut tergantung dari penyebab kerusakan selaput dara itu sendiri.

Jadi jika selaput dara rusak akibat kecelakaan, cedera, dan hal lain di luar hubungan badan, maka seorang wanita masih bisa dikatakan sebagai perawan. Hal ini pun berlaku bagi para perempuan tanpa adanya batasan umur.

Baca juga:

Mengenal Apa itu Selaput Dara

Selaput dara adalah lapisan tipis yang membentang di bagian bawah organ kewanitaan (vagina). Lapisan tipis ini memiliki bentuk menyerupai bulan sabit atau donat kecil. Selaput dara sendiri memiliki sebuah lubang kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan darah pada saat menstruasi. Bagian ini merupakan salah satu fokus utama kita dalam mencari tahu apakah keperawanan bisa kembali.

Kondisi selaput dara pun bisa berubah-ubah. Hal ini umumnya terjadi akibat pertambahan usia. Saat seorang perempuan memasuki masa pubertas, selaput dara biasanya cenderung lebih tebal dan elastis. Hal ini berbanding terbalik pada perempuan yang belum memasuki masa pubertas. Saat sebelum masa pubertas, selaput dara perempuan umumnya lebih tipis dan sensitif.

Perubahan yang terjadi pada selaput dara, dipengaruhi juga dengan adanya perubahan hormon pada tubuh perempuan. Hormon yang berperan dalam hal ini adalah esterogen. Hormon esterogen sendiri adalah sebutan untuk sekelompok hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan karakteristik seksual  wanita.

Memperbaiki Selaput Dara yang Rusak

Dari pembahasan di atas, kita semua tahu bahwa selaput dara tidaklah berkaitan langsung dengan keperawanan. Artinya, kerusakan atau selaput dara yang robek bukan berarti menandakan seorang wanita tidak perawan.

Lalu apakah keperawanan bisa kembali? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika yang dimaksud adalah memperbaiki selaput dara yang rusak, maka jawabannya adalah tentu saja bisa. Soal perawan atau tidak, hal ini tergantung dari perempuan tersebut sudah melakukan hubungan seks atau belum.

Untuk memperbaiki selaput dara yang rusak, cara terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan prosedur bedah kosmetik. Prosedur ini dikenal dengan nama Hymenoplasty. Untuk mengetahui lebih dalam tentang prosedur tersebut, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga:

Apa itu Hymenoplasty?

Apa itu HymenoplastyHymenoplasty adalah prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk merekonstruksi kerusakan selaput dara. Prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki, dan mengembalikan keutuhan selaput dara yang rusak atau robek. Tindakan prosedur dari Hymenoplasty, hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Prosedur operasi ini dapat dilakukan untuk alasan estetika ataupun medis. Untuk alasan estetika sendiri, operasi ini dapat digunakan untuk mengembalikan sensasi seperti perawan kembali. Lalu untuk alasan medis, ada beberapa kondisi selaput dara yang disarankan untuk melakukan operasi ini. Contohnya seperti:

  • Hymen Imperforate, yaitu kondisi dimana seluruh lubang vagina tertutupi oleh selaput dara
  • Septate Hymen, kondisi dimana jaringan selaput dara terlalu tebal dan kaku
  • Kondisi untuk membuat aliran darah dapat mengalir normal

Hymenoplasty dikenal juga dengan istilah operasi keperawanan. Maka bagi kamu yang bertanya tentang apakah keperawanan bisa kembali, maka prosedur ini sangat cocok untuk dilakukan. Karena dengan prosedur Hymenoplasty, selaput dara yang rusak atau robek dapat dikembalikan keutuhannya.

Klinik Terbaik untuk Hymenoplasty di Indonesia (Operasi Selaput Dara)

Untuk melakukan prosedur Hymenoplasty, kamu tidak bisa pergi ke sembarang tempat. Sebab, prosedur ini membutuhkan dokter dengan kompetensi khusus. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, prosedur Hymenoplasty hanya bisa dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Jadi jika kamu ingin melakukan operasi selaput dara, maka berkunjunglah ke klinik kecantikan yang menyediakan jasa operasi plastik. Di Jakarta sendiri, sudah banyak klinik kecantikan yang menyediakan jasa operasi ini. Salah satunya adalah Beautylogica Clinic.

Berdiri sejak tahun 2017, Beautylogica Clinic memang terkenal dengan kualitas operasi plastiknya. Hal ini karena Beautylogica totalitas terhadap jasa yang mereka tawarkan. Dengan menghadirkan para dokter yang ahli dan berpengalaman, setiap tindakan prosedur tentu akan berjalan lebih aman dan berkualitas.

Konsultasi Operasi Keperawanan di Sini!

Bagi kamu yang ingin melakukan prosedur Hymenoplasty, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang terkait. Dengan bertemu dokter spesialis bedah plastik, kamu pun bisa lebih tahu tentang apakah keperawanan bisa kembali atau tidak,

Untuk konsultasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan reservasi dengan kami di nomor 0819 0500 0000. Lalu untuk mendapat tindakan operasi Hymenoplasty, kamu bisa mengunjungi Beautylogica Clinic yang ada di cabang Jakarta, yaitu Mangga Besar dan Pejaten.

About Ridwan

One thought on “Apakah Keperawanan Bisa Kembali? Simak Penjelasan Ilmiahnya Berikut ini!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *