Apa Penyebab Rambut Rontok

Apa Penyebab Rambut Rontok? Simak Penjelasan & Cara Mengatasinya di Sini!

Apa Penyebab Rambut Rontok? – Rambut rontok sedikit banyak pasti memberikan dampak negatif bagi penderitanya. Selain tidak baik untuk kesehatan, rontoknya rambut pasti juga berpengaruh terhadap penampilan seseorang.

Kerontokan yang dibiarkan begitu saja, bahkan dapat menimbulkan kebotakan pada penderitanya. Oleh sebab itu, apabila kalian mengalami gejala rambut rontok, sebaiknya segera diatasi secepat mungkin. Namun, apa sih sebenarnya penyebab dari rambut rontok?

Nah, pada artikel kali ini, Beautylogica Clinic akan berbagi informasi seputar rambut rontok, serta bagaimana cara untuk mengatasinya. Bagi kamu yang mengalami hal serupa, yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Apa Penyebab Rambut Rontok?

Rambut rontok adalah sebuah kondisi lepasnya rambut dari kulit kepala. Pada dasarnya, jumlah kerontokan rambut yang dialami oleh manusia ialah 100-500 helai perhari. Walaupun terlihat banyak, namun jumlah tersebut masih bisa dikatakan normal.

Namun apabila jumlahnya sudah melebihi angka tersebut, maka kamu patut untuk khawatir. Sebab, bisa jadi kamu terindikasi mengalami rambut rontok berlebih. Apabila hal ini terjadi, maka risiko akan terjadinya kebotakan sangat besar untuk terjadi.

Baca juga:

Penyebab kerontokan rambut

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut, seperti:

  • Faktor Genetik

Gen yang diturunkan oleh orang tua tidak hanya berpengaruh terhadap penampilan fisik. Namun, hal tersebut juga dapat memengaruhi penyakit, termasuk juga rambut rontok. Artinya, apabila kalian memiliki orang tua yang punya masalah terhadap rambut rontok, maka kamu pun berisiko tinggi untuk mengalami hal serupa.

  • Folikulitis

Apa penyebab rambut rontok? Nah, salah satu jawabannya adalah folikulitis. Penyakit folikulitis adalah sebuah kondisi di mana folikel rambut mengalami peradangan. Sebagai informasi, peradangan ini umumnya terjadi akibat jamur, virus, ataupun infeksi bakteri. Penyakit yang satu ini, akan menimbulkan sensasi perih, rasa gatal, dan melepuhnya kulit kepala. Apabila dibiarkan, kondisi ini tentu  dapat membuat rambut rontok kian bertambah tiap harinya.

  • Kurangnya Nutrisi dan Vitamin

Kekurangan asupan nutrisi dan vitamin, merupakan salah satu faktor penyebab dari kerontokan rambut. Sebab, hal ini dapat membuat struktur rambut menjadi rapuh, dan menghambat pertumbuhan rambut. Biasanya, hal ini berkaitan dengan protein dan zat besi yang ada di dalam tubuh. Jadi agar rambut tetap dalam kondisi  sehat, sebaiknya cukupi asupan nutrisi dan vitamin yang ada di dalam tubuh.

  • Perubahan Hormon  dan Stres

Perubahan hormon menjadi salah satu faktor yang sangat  berpengaruh terhadap kerontokan rambut. Nah, dalam hal ini hormon yang dimaksud adalah estrogen dan progesteron. Biasanya, kondisi ini terjadi pada saat ibu sedang hamil, masa melahirkan, dan masa menopause.

Selain kondisi di atas, stres juga menjadi faktor terjadinya rambut rontok. Bahkan, stres juga dapat berpengaruh terhadap terjadinya perubahan hormon pada tubuh. Jadi kedua faktor tersebut, menjadi sebuah jawaban yang tepat dari apa penyebab rambut rontok.

  • Perawatan Rambut yang Salah

Rambut merupakan mahkota kepala yang sangat wajib untuk dijaga. Bagi sebagian  orang, perawatan rambut bahkan menjadi hal yang sangat wajib untuk dilakukan. Namun terkadang, sering kali ditemukan bahwa perawatan rambut menimbulkan masalah yang dapat merusak kesehatan rambut rontok.

Hal tersebut bisa terjadi akibat salah dalam menggunakan shampo, vitamin rambut, dll. Bahkan, alat penata rambut yang dipakai secara terus menerus, juga dapat mengancam kesehatan rambut. Pada akhirnya, kebiasaan ini pun menimbulkan kerontokan, dan bahkan kebotakan pada rambut.

  • Konsumsi Obat-obatan

Rontoknya rambut seseorang, bisa juga terjadi akibat konsumsi obat-obatan tertentu. Efek samping seperti ini, biasanya ditemukan pada obat untuk depresi, darah tinggi, masalah jantung, dan kanker. Bahkan, konsumsi berlebih terhadap suplemen vitamin A, juga dapat membuat seseorang mengalami kerontokan rambut. Oleh karena itu, sebaiknya lebih berhati-hati dalam mengonsumsi obat, yaa! Apabila kondisinya sudah semakin parah, kamu juga bisa berkonsultasi seputar apa penyebab rambut rontok dengan dokter terkait.

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Untuk mengatasi rambut rontok, ada banyak cara yang dapat dilakukan. Misalnya seperti menggunakan bahan-bahan alami, ataupun suplemen vitamin rambut. Namun, kebanyakan dari  cara tersebut, biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk hasilnya dapat terlihat.

Nah, solusi lain yang dapat kalian coba untuk mengatasi kerontokan rambut, ialah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Mau tahu apa saja jenis perawatan yang dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok? Berikut adalah rekomendasinya:

Baca juga:

1. Hair Laser PDT

Hair Laser PDT adalah perawatan rambut yang menggunakan terapi sinar merah, dengan panjang gelombang 640 nm. Perawatan ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru, sekaligus memperkuat akar rambut. Dalam upaya merangsang pertumbuhan rambut baru, perawatan ini bekerja dengan meningkatkan suplai darah ke area kulit kepala. Dengan cara kerja tersebut, perawatan ini tentu dapat menjadi solusi yang baik bagi apa penyebab rambut rontok.

2. Hair PRP

Hair PRP adalah sebuah perawatan rambut yang terbilang memiliki cukup banyak  manfaat. Contohnya seperti  mengurangi kerontokan rambut, mempertebal diameter rambut, serta merangsang pertumbuhan rambut baru.

Dalam prosedurnya, perawatan ini menggunakan serum Platelet Rich Plasma (PRP) yang kaya akan Growth Factor. Serum PRP yang digunakan diambil dari darah pasien sendiri. Selama prosedur, serum PRP akan dioleskan ke kulit kepala, dan dibantu dengan alat yang bernama Microneedling untuk memaksimalkan proses penyerapan. Dalam satu kali tindakan prosedur, Hair PRP membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit.

3. Hair Growth Treatment

Hair Growth Treatment adalah perawatan yang menggunakan serum khusus, yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan rambut baru dan memperkuat akar rambut. Dalam prosedurnya, perawatan ini menggunakan alat Hair Stamp yang akan dioleskan ke area kulit kepala. Dalam satu sesi perawatan, perawatan ini memakan waktu sekitar 60 menit.

Apabila kamu bingung terhadap apa penyebab rambut rontok, kamu juga bisa melakukan perawatan ini. Sebab dengan serum yang digunakan, perawatan ini terbukti efektif untuk menumbuhkan rambut baru pada kulit kepala. Dengan begitu, pertumbuhan rambut tentu akan lebih sehat, dan menjadi lebih tebal dari sebelumnya.

Bagi kamu yang tertarik dengan beberapa perawatan rambut di atas, Beautylogica Clinic adalah tempat yang paling tepat untuk kamu kunjungi. Sebab, klinik kecantikan ini menyediakan jasa perawatan yang cukup lengkap, dan tentunya sangat berkualitas. Tak cukup sampai di situ, segala perawatan di Beautylogica juga ditangani oleh praktisi medis yang berpengalaman. Jadi kamu tak perlu khawatir soal keamanan prosedur, serta hasil dari tindakan prosedur itu sendiri. Untuk informasi lebih  lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.