Apa Penyebab Bruntusan pada Wajah? Simak Penjelasan Dokter Berikut ini!

Apa Penyebab Bruntusan pada Wajah Simak Penjelasan Dokter Berikut ini!

Apa Penyebab Bruntusan pada Wajah?Pertanyaan tersebut adalah salah satu hal yang sangat sering dilontarkan oleh para Beauties. Wajar saja, mengingat bruntusan adalah sebuah permasalahan pada wajah yang sangat mengganggu penampilan.

Bahkan dalam beberapa kasus, orang yang mengalami bruntusan pada wajah akan merasa tidak percaya diri dengan kondisi wajahnya. Oleh sebab itu, berbagai upaya pun dilakukan demi menghilangkan permasalahan kulit yang satu ini.

Pada artikel kali ini, klinik kecantikan Beautylogica akan membahas secara tuntas mengenai permasalahan bruntusan pada wajah. Untuk informasi lebih lengkapnya, mari simak penjelasan berikut ini:

Apa Penyebab Bruntusan pada Wajah?

Penyebab bruntusan pada wajah dapat terjadi karena berbagai faktor. Biasanya, hal ini lebih sering terjadi pada orang yang memasuki, atau sedang berada di usia remaja. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa kondisi ini juga dapat terjadi pada orang dewasa.

Berikut telah kami rangkum beberapa penyebab bruntusan pada wajah menurut dokter spesialis kulit yang ada di Beautylogica:

Apa Penyebab Bruntusan pada Wajah Simak Penjelasan DokterBaca juga: Cara Menghilangkan Bintik Hitam di Wajah agar Kembali Mulus

1. Intensitas Paparan Sinar Matahari yang Terlalu Sering

Intensitas berlebih pada paparan sinar matahari menjadi salah satu penyebab utama bruntusan pada wajah. Pasalnya, paparan sinar matahari akan memudahkan seseorang menjadi mudah berkeringat. Hal inilah yang meningkatkan risiko bruntusan pada wajah menjadi semakin tinggi.

Apabila kondisi ini dibiarkan, maka akibatnya tеntu ѕаjа dapat mеmbuаt kulit remaja іrіtаѕі, dаn munculnya bruntuѕаn уаng berwarna kеmеrаhаn. Ketika seseorang mеngаlаmі hаl ini, biasanya gejala аkаn ditandai dengan munculnya rasa gatal, dan tekstur kulit menjadi kasar.

2. Kondisi Rambut yang Kotor

Apa penyebab bruntusan pada wajah? Nah, salah satu jawabannya adalah kondisi rambut yang kotor. Hal ini kadang sering diremehkan. Padahal, rambut yang kotor akan meningkatkan risiko bruntusan pada wajah semakin tinggi.

Oleh sebab itu, biasakan untuk selalu membersihkan rambut setelah selesai beraktivitas. Selain itu, usahakan agar rambut tidak menyentuh kulit wajah ketika  sedang beraktivitas. Karena rambut dan kulit kepala yang berkeringat, akan memicu terjadinya bruntusan pada wajah karena kotorannya.

3. Sisa-sisa Makeup yang Tertinggal

Penyebab lain mengapa wajah sering mengalami bruntusan adalah sisa-sisa makeup yang tertinggal. Ketika makeup tidak dibersihkan secara optimal, maka sisa-sisa yang tertinggal akan menyumbat pori-pori kulit. Jika dibiarkan, hal ini dapat memicu terjadinya bruntusan, bahkan meninggalkan jerawat.

Untuk itu, ketika selesai beraktivitas, sebaiknya biasakan untuk langsung membersihka sisa-sisa makeup. Apabila ditunda, biasanya hal ini akan menjadi lupa, dan sisa makeup akan tertinggal keesokan harinya. Gunakan juga produk perawatan wajah agar pembersihan bisa lebih optimal.

4. Jarang Melakukan Perawatan Wajah

Orang yang jarang melakukan perawatan wajah, pasti akan sering menemukan permasalahan pada kullitnya. Salah satunya adalah bruntusan. Maka bagi kalian yang sering bertanya apa penyebab bruntusan pada wajah, sebaiknya tanyakan pada diri kalian sudahkan melakukan perawatan wajah dengan maksimal?

Jika memang belum, sangat disarankan untuk selalu melakukan perawatan wajah. Pasalnya, melakukan perawatan untuk wajah bukan hanya untuk penampilan semata, namun juga untuk menjaga kesehatan kulit wajah itu sendiri.

Dengan melakukan perawatan wajah secara rutin, otomatis sel kulit mati yang menumpuk akan terangkat dengan lebih maksimal. Hal ini akan meminimalisir terjadinya penumpukan sel kulit mati dan bakteri yang menjadi penyebab bruntusan pada wajah.

5. Penggunaan Produk Skincare yang Tidak Cocok

Penggunaan skincare untuk wajah memang disarankan sejak dini. Namun dalam penggunaannya, kalian harus selalu berhati-hati, dan selalu melihat komposisi dari produk yang kalian beli. Pasalnya, tidak semua produk perawatan wajah cocok dengan jenis kulit yang kalian miliki.

Pemilihan produk skincare harus disesuaikan oleh jenis kulit, dan jenis permasalahan yang sedang dialami. Apabila digunakan dengan tidak hati-hati, penggunaan skincare malah akan membuat  wajahmu menjadi bruntusan dan rusak.

Salah satu contohnya adalah ketika kalian masih remaja, usahakan untuk menghindari skincare yang mengandung parfum, alkohol, dan natural oil. Sebab, kulit remaja masih sangat sensitif. Kandungan-kandungan tersebut dinilai berisiko tinggi untuk membuat wajah menjadi bruntusan.

Untuk lebih aman, kalian perlu melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Hal ini bertujuan untuk mengenali lebih dalam tentang jenis kulitmu, serta menghindari terjadinya risiko wajah rusak akibat skincare yang tidak cocok.

Baca juga: Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah dan Cara Jitu Mengatasinya

Bagaimana Cara Menghilangkan Bruntusan pada Wajah?

Apa Penyebab Bruntusan pada Wajah Simak Penjelasan Dokter BerikutSetelah mengetahui apa penyebab bruntusan pada wajah, kalian pasti ingin tahu tentang cara menghilangkannya bukan? Nah, pada bagian ini kami akan merekomendasikan cara yang paling efektif untuk menghilangkan bruntusan.

Apabila kalian ingin menghilangkan bruntusan di wajah dengan cepat, maka yang harus dilakukan adalah dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Pasalnya, apabila kalian melakukan perawatan biasa, maka bruntusan pada wajah akan sangat sulit untuk dihilanngkan.

Secara umum, perawatan wajah yang mengalami bruntusan akan dilakukan sesuai dengan jenis dan karakter kulit. Karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berebeda, maka konsultasi dengan dokter terkait sangat diperlukan dalam hal ini.

Berikut adalah jenis perawatan yang direkomendasikan oleh dokter untuk menghilangkan bruntusan pada wajah:

1. Derma Peeling

Dari penjelasan mengenai apa penyebab bruntusan pada wajah sebelumnya, kita tahu bahwa sel kulit mati adalah salah satu biang keladi penyebab bruntusan terjadi. Untuk itu, dibutuhkan perawatan khusus yang dapat dengan efektif menghilangkan sel kulit mati pada wajah.

Derma Peeling sendiri adalah sebuah perawatan kulit yang dalam prosedur tindakannya menggunakan Chemical Peeling. Selain dapat mengatasi bruntusan pada wajah, Chemical Peeling yang digunakan juga dapat mengatasi berbagai permasalahan pada kulit wajah lainnya.

Beberapa contoh permasalahan kulit yang dapat dialami oleh perawatan ini adalah flek hitam, membersihkan bakteri yang menempel pada wajah, menyamarkan kerutan halus, serta mengatasi jerawat pada kulit.

Penggunaan Chemical Peeling dapat dengan efektif menghilangkan bruntusan pada wajah. Biasanya, setelah melakukan perawatan ini, akan ada pengelupasan yang terjadi pada kulit. Pengelupasan terjadi pada rentan waktu 7-10 hari. Untuk melakukan perawatan ini, jangan lupa untuk berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter terkait, yaa!

2. Silk Peel

Silk Peel adalah salah satu Best Seller Treatment yang ada di Beautylogica Clinic. Perawatan ini dilakukan dengan menggunakan alat kristal micro, serta serum khusus. Dengan melakukan perawatan Silk Peel, apa penyebab bruntusan pada wajah yang sedang kalian alami akan teratasi dengan lebih mudah.

Selain dapat mengatasi bruntusan pada wajah, Silk Peel juga memiliki beberapa manfaat lain. Contohnya seperti menghidrasi kulit wajah, mengatasi kulit kusam, mengangkat sel kulit mati, dan memberi nutrisi lebih pada kulit.

Nah, kedua jenis perawatan di atas adalah salah satu cara yang dapat kalian lakukan untuk menghilangkan bruntusan dengan cepat. Namun selain dari dua jenis perawatan tersebut, sebenarnya masih ada beberapa perawatan lain yang dapat digunakan.

Jenis perawatan yang dimaksud adalah ekstraksi untuk mengangkat komedo, laser wajah, dan microdermabrasi. Untuk itu, kalian perlu berkonsultasi lebih mendalam seputar apa penyebab bruntusan pada wajah, agar bisa mendapatkan jenis perawatan yang tepat.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *