Apa itu PRP Injection? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini!

Apa itu PRP Injection

Apa itu PRP Injection? PRP atau Platelet Rich Plasma adalah sebuah cairan khusus yang terbuat dari darah kaya trombosit. PRP memiliki cukup banyak manfaat di bidang medis, maupun di bidang estetika kecantikan. PRP mengandung banyak protein khusus yang berguna untuk proses pembekuan darah.

Dalam dunia medis, PRP dapat berguna untuk pemulihan saat mengalami cedera. Pasalnya, penggunaan PRP dapat merangsang pertumbuhan sel baru. Oleh karena itu, terapi atau prosedur yang menggunakan platelet rich plasma sangat terkenal di kalangan para atlet.

Di dalam dunia estetika atau perawatan kecantikan, PRP juga sudah sejak lama digunakan. Perawatan PRP terbilang cukup tenar. Pasalnya, prosedur dengan memanfaatkan darah sendiri ini dapat memberikan cukup banyak manfaat. Untuk lebih jelasnya, mari simak pembahasan berikut ini!

PRP Injection

PRP dibuat dengan cara mengambil darah pasien sendiri. Pengambilan darah dilakukan dengan metode injeksi, atau penyuntikan. Setelah darah diambil, maka darah tersebut akan diproses secara khusus oleh praktisi medis terkait. Tujuannya adalah untuk memisahkan antara trombosit, dengan sel darah merah. Hasil dari pemisahan inilah yang nantinya disebut PRP atau platelet rich plasma.

Jadi bagi kalian yang bertanya mengenai apa itu PRP Injection, maka penjelasan di atas adalah jawabannya. Walaupun PRP belum disetujui oleh FDA, namun terapi ini sudah dilakukan oleh banyak orang. Contohnya seperti para atlet, ataupun para penggemar dunia kecantikan. Bahkan, atlet kelas dunia seperti Rafael Nadal dan Tiger Woods juga telah melakukan perawatan ini.

Baca juga: Tekstur Kulit Wajah Tidak Rata, Begini Cara Mengatasinya!

Apa Manfaat PRP Injection di Dunia Kecantikan?

PRP Injection

Cara kerja dari perawatan PRP adalah mengurangi inflamasi dan memulihkan jaringan. Dengan cara kerja seperti ini, tentu PRP dapat memberikan cukup banyak manfaat bagi dunia kecantikan. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari prosedur PRP Injection:

  • Memperbaiki kerusakan tekstur kulit
  • Membantu proses peremajaan kulit
  • Menghilangkan noda hitam
  • Memulihkan bopeng bekas jerawat
  • Mengencangkan kulit
  • Mengecilkan pori-pori besar
  • Merangsang pertumbuhan rambut
  • Merangsang pembentukan kolagen

Setelah mengetahui apa itu PRP Injection, kalian juga perlu memahami lebih dalam tentang manfaat perawatan ini. Jika kalian tertarik ingin melakukan perawatan PRP, maka proses konsultasi haruslah wajib untuk dilakukan. Sebab, proses konsultasi akan berperan penting dalam diagnosis permasalahan, keamanan prosedur, dan hasil dari perawatan.

Bagaimana Cara Kerja PRP Injection? 

Dalam dunia perawatan estetika, biasanya PRP dilakukan dengan bantuan alat Dermaroller. Dengan alat ini, penyerapan serum PRP akan berjalan dengan lebih optimal. Biasanya, alat ini digunakan pada saat seseorang sedang ingin memperbaiki tekstur kulit, ataupun masalah pada rambutnya.

Setelah prosedur PRP injection dilakukan, umumnya dokter akan menyarankan pasien untuk mengistirahatkan area tindakan. Karena PRP bertujuan untuk proses penyembuhan, maka terapi ini membutuhkan sedikit waktu untuk melihat hasilnya. Prosedur PRP juga memberikan hasil yang dapat dilihat secara bertahap.

Tips Melakukan Perawatan PRP Injection

Bagi kalian yang ingin melakukan perawatan PRP, ada beberapa tips yang sebaiknya kalian perhatikan. Jadi, kalian tidak hanya berfokus pada apa itu PRP Injection saja. Pasalnya, tips ini sangat berguna untuk kelancaran prosedur, dan menjaga kualitas trombosit darah yang ingin digunakan. Berikut adalah beberapa tips dari perawatan PRP:

  • Menerapkan pola hidup sehat saat sebelum dan sesudah prosedur
  • Cukupi asupan nutrisi bagi tubuh dengan makan buah dan sayuran
  • Berhenti mengonsumsi alkohol
  • Berhenti merokok

Dengan melakukan beberapa tips di atas, darah yang dijadikan sebagai bahan dasar PRP tentu akan terjaga kualitasnya. Dengan kualitas darah yang baik, tentu prosedur akan memberikan hasil yang lebih optimal. Untuk hasil yang memuaskan, kalian juga perlu melakukan konsultasi dengan jelas terhadap dokter terkait.

Baca juga: Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut dengan Serum PRP

Apakah Perawatan PRP Memiliki Efek Samping?

PRP - Platelet Rich Plasma

Perlu kalian ketahui, setiap prosedur medis pasti memiliki risiko efek samping. Baik itu tinggi ataupun rendah, risiko efek samping dapat muncul tergantung dari tindakan yang dilakukan. Jadi, selain kalian mengetahui tentang apa itu PRP Injection, kalian juga harus mengetahui efek samping dari perawatan ini. Hal ini bertujuan agar prosedur bisa lebih aman, dan ekspektasi dari perawatan bisa tercapai dengan memuaskan.

Berikut adalah beberapa risiko efek samping dari prosedur PRP:

  • Timbul rasa nyeri dan kemerahan
  • Iritasi pada area tindakan
  • Reaksi yang menimbulkan pendarahan

Beberapa risiko efek samping di atas memang sangat mungkin untuk muncul. Namun jangan khawatir, kalian tetap bisa untuk meminimalisir kemunculannya. Salah satu caranya adalah memilih klinik kecantikan, atau praktisi medis yang sudah berpengalaman. Selain itu, kalian juga harus berkonsultasi secara jelas dengan dokter terkait. Dengan begitu, prosedur PRP akan berjalan lebih aman dan minim terhadap risiko.

Harga Perawatan PRP 

Setelah membahas mengenai apa itu PRP Injection, kini tiba saatnya untuk mengetahui harga dari perawatan tersebut. Harga perawatap PRP bisa dikatakan cukup beragam. Hal ini dapat terjadi karena berbagai faktor. Misalnya seperti area tindakan, jenis masalah yang ingin diatasi, serta klinik kecantikan yang kalian tuju untuk perawatan. Harga perawatan PRP untuk medis dan estetika pun juga memiliki perbedaan.

Umumnya, harga perawatan PRP injection berkisar antara 700rb, sampai 1 jutaan. Bagi kalian yang ingin melakukan perawatan ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani. Selain untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, proses konsultasi juga berguna untuk menentukan harga dari perawatan PRP.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *