Apa yang Dimaksud Operasi Plastik

Apa itu Operasi Plastik? Kenali Area, Teknik, dan Prosedurnya di Sini!

Apa itu Operasi Plastik? – Berbicara mengenai operasi plastik, fakta di lapangan membuktikan bahwa tindakan ini masih banyak dipandang negatif oleh sebagian orang. Hal ini sering terjadi karena adanya salah kaprah terhadap tindakan bedah estetik ini.

Karena menggunakan kata plastik, tindakan operasi ini sangat sering disalahartikan. Padahal, kata plastik pada operasi plastik, tidak ada kaitannya dengan bahan plastik yang selama ini kita kenal. Untuk itu, di sini kami akan berbagi informasi secara lengkap mengenai tindakan operasi plastik. Untuk lebih memahami lebih lanjut, mari simak penjelasannya di bawah ini:

Apa itu Operasi Plastik?

Operasi plastik adalah sebuah tindakan bedah yang dilakukan untuk merekonstruksi penampilan atau karakteristik tubuh. Operasi plastik juga dapat dikategorikan secara luas sebagai bedah rekonstruktif atau kosmetik. Hal tersebut tergantung dari untuk apa tindakan ini dilakukan, entah untuk mengembalikan fungsi tubuh, ataupun penampilan fisik.

Bedah rekonstruktif adalah sebuah tindakan yang diindikasikan secara medis, dan digunakan untuk memperbaiki bagian tubuh yang tidak berfungsi. Lalu untuk tindakan mengubah penampilan, hal ini biasanya dilakukan untuk mempercantik tampilan fisik. Dengan kata lain, tindakan ini dilakukan demi tujuan nilai estetika tubuh.

Area Operasi Plastik

Dengan operasi plastik, ahli bedah dapat mengubah penampilan berbagai bagian tubuh sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Ada beberapa area yang umumnya direkonstruksi pada tindakan operasi plastik, misalnya seperti:

  • Rambut
  • Wajah
  • Mata
  • Hidung
  • Bibir
  • Telinga
  • lengan
  • Payudara
  • Perut
  • Organ intim
  • Bokong

Beberapa area tersebut, umumnya direkonstruksi untuk mengubah bentuk ataupun ukurannya. Untuk lebih mengerti tentang apa itu operasi plastik, sebenarnya tindakan dapat dilakukan di hampir setiap bagian tubuh manusia. Namun untuk area yang lebih spesifik, dibutuhkan diskusi lebih lanjut dengan ahli bedah yang terkait.

Baca juga:

Teknik dan Prosedur Operasi Plastik

Dalam tindakan prosedurnya, operasi plastik dilakukan dengan berbagai macam teknik. Dilansir dari laman Health Engine, teknik operasi plastik terbagi menjadi enam bagian, diantaranya adalah Liposuction, Augmentation, Body Contouring, Reshaping, Dermabrasion, dan Hair Replacement. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan berikut:

Liposuction

Apa itu Operasi Plastik atau Plastic Surgery

Liposuction atau Lipoplasti dikenal juga dengan istilah sedot lemak. Tindakan ini mengacu pada proses penghilangan lemak untuk merekonstruksi ulang bagian tubuh tertentu. Proses sedot lemak memiliki sejarah yang cukup panjang dan bisa dikatakan menakutkan..

Sebelum anestesi ditemukan, proses penyedotan lemak dilakukan dengan tindakan apa adanya. Namun untuk prosedur modern, tindakan ini dilakukan dengan menggunakan anestesi. Jadi pasien hampir tidak merasakan sakit selama prosedur dilakukan.

Untuk lebih mengenal tentang apa itu operasi plastik, kalian juga harus memahami tentang bagaimana proses sedot lemak dilakukan. Hal ini sangat penting untuk memberikan gambaran, serta mengetahui tahapan prosedur sedot lemak.

Ada beberapa tahapan dalam tindakan prosedur sedot lemak. Pertama-tama, pasien akan diberikan anestesi untuk meredam rasa sakit. Lalu ahli bedah akan membuat jalur penyedotan lemak sebesar 1-3 cm pada area tindakan. Setelah itu, dokter akan melakukan proses pemecahan lemak, dan dilanjutkan ke teknik penyedotan.

Proses penyedotan dapat dilakukan melalui jarum, atau dengan alat kanula khusus. Setelah lemak selesai dikeluarkan, dokter akan menutup kembali area insisi yang tadi telah dibuat. Proses menutup area insisi dilakukan dengan teknik penjahitan.

Liposuction atau sedot lemak dapat dilakukan untuk beberapa bagian tubuh, seperti:

  • Wajah
  • Leher
  • Payudara
  • Perut
  • Bokong
  • Paha

Salah satu teknik operasi plastik ini, bahkan dapat menghilangkan sekitar 17 liter lemak dan jaringan tubuh yang tidak diinginkan. Jadi jika mengetahui tentang apa itu operasi plastik dan menggunakannya dengan tepat, tindakan ini sangatlah baik untuk penampilan tubuh.

Augmentation

Augmentation adalah prosedur penanaman implan atau cairan injeksi ke bagian tubuh tertentu. Teknik ini bertujuan untuk mengisi ataupun menambahkan ukuran pada bagian tubuh yang menjadi area tindakan. Contohnya seperti proses pembesaran payudara. Pada proses ini, implan akan dimasukkan ke dalam payudara untuk meningkatkan ukuran payudara.

Prosedur augmentasi dapat dilakukan pada beberapa bagian tubuh, seperti:

  • Wajah: Pada bagian ini terdapat beberapa area yang dapat dilakukan augmentasi. Misalnya seperti hidung, dagu, bibir, rahang, dan tulang pipi. Proses augmentasi pada beberapa bagian tersebut, dapat dilakukan dengan menggunakan implan, tulang rawan, ataupun proses perpindahan lemak.
  • Payudara: Payudara adalah bagian tubuh yang sangat terkenal dengan proses augmentasi. Pasalnya, proses augmentasi pada payudara sangat sukses untuk menambahkan ukuran bagian tubuh tersebut. Pada prosedur ini, augmentasi payudara dapat menggunakan implan ataupun proses perpindahan lemak. Proses augmentasi pada payudara juga sering kali menjadi gambaran umum terhadap apa itu operasi plastik.
  • Bokong: Selain wajah dan payudara, bokong juga menjadi bagian tubuh yang dapat dilakukan proses augmentasi. Dengan proses augmentasi, seseorang dapat mengubah ukuran bokong menjadi lebih besar dan ideal. Proses augmentasi pada bokong bisa dilakukan dengan implan ataupun transfer lemak.

Body Contouring

Body Contouring adalah salah satu teknik operasi plastik yang dilakukan untuk membentuk tubuh agar lebih ideal. Pada teknik ini prosedur dilakukan dengan mengangkat jaringan kulit berlebih, atau kulit yang dirasa sudah terlalu kendur. Prosedur Body Contouring dapat dilakukan pada beberapa bagian tubuh. Berikut adalah pembagian area tubuh menurut jenis operasi plastiknya:

  • Face Lift: Face Lift merupakan prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk mengencangkan kulit wajah. Operasi plastik ini biasanya dilakukan untuk mengatasi penuaan pada wajah. Misalnya seperti keriput, kulit kendur, dan kelebihan lemak.
  • Brow Lift: Operasi plastik ini dilakukan untuk mengencangkan area di sekitar alis. Brow Lift dilakukan dengan proses sayatan kulit pada area sekitar rambut, untuk mendapatkan efek alis yang lebih terangkat. Walaupun tidak terlalu populer, namun Brow Lift juga terkait dengan prosedur apa itu operasi plastik.
  • Blepharoplasty: Blepharoplasty adalah operasi plastik yang dilakukan untuk mengangkat kelopak mata yang kendur. Selain menghilangkan kulit berlebih, prosedur Blepharoplasty juga memungkinkan tindakan untuk penghilangan lemak kecil di sekitar area kelopak.
  • Brachioplasty: Brachioplasti adalah operasi plastik untuk pengencangan lengan. Prosedur ini dilakukan dengan membuang lemak atau jaringan berlebih pada kulit yang kendur.
  • Lower Body Fit: Prosedur ini melibatkan pengencangan kulit pada beberapa bagian tubuh. Misalnya seperti perut, pinggang, pinggul, bokong, dan paha luar.
  • Breast Lift: Breast Lift adalah prosedur operasi plastik yang bertujuan untuk mengencangkan payudara. Operasi ini dilakukan dengan proses insisi untuk membuang jaringan berlebih pada kulit payudara.
  • Thigh Lift: Thigh Lift adalah operasi plastik yang berguna untuk mengangkat dan mengencangkan paha. Pada prses ini, tindakan dilakukan dengan pembuangan kulit dan lemak yang berlebih

Baca juga:

Reshaping

Reshaping adalah sebuah teknik operasi plastik yang bertujuan untuk pembentukan ulang bagian tubuh tertentu. Teknik ini sangat terkait dengan apa itu operasi plastik. Pasalnya, tindakan operasi plastik dilakukan dengan rekonstruksi untuk memaksimalkan penampilan tubuh.

Ada beberapa area yang mencakup teknik Reshaping, yaitu:

  • Chin Surgery: Operasi pembentukan dagu
  • Rhinoplasty: Operasi memancungkan hidung
  • Otoplasty: Operasi rekonstruksi telinga

Dermabrasion

Dermabrasion adalah sebuah teknik bedah yang dilakukan untuk pengikisan lapisan kulit bagian atas. Prosedur ini umumnya dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi kerutan dan munculnya jaringan parut. Selain itu, tindakan medis juga dapat melakukan prosedur ini untuk menghilangkan kanker kulit.

Hair Replacement

Apa itu Operasi Plastik, Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini

Hair Replacement adalah prosedur bedah plastik yang bertujuan untuk mengganti kehilangan rambut akibat kebotakan, trauma, ataupun cedera. Prosedur ini dilakukan dengan mengambil kulit kepala yang sehat, dan ditanamkan pada area kepala yang mengalami kebotakan. Prosedur ini juga dikenal dengan istilah Hair Transplant.

Sebagai informasi tambahan, kata “plastik” pada operasi plastik merupakan sebuah kata serapan yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Plastikos”. Kata tersebut memiliki arti “yang membentuk”. Nah, hal ini membuktikan bahwa operasi plastik tidaklah ada kaitannya dengan bahan plastik yang kita kenal. Untuk konsultasi lebih lanjut tentang apa itu operasi plastik, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.