Apa itu HIFU

Apa itu HIFU Treatment? Simak Penjelasan & Fakta Menariknya Berikut ini

Apa itu HIFU Treatment?

Apa itu HIFU Treatment? – HIFU treatment adalah perawatan non-invasif untuk mengatasi masalah penuaan pada wajah. Perawatan ini dilakukan dengan teknologi High Intensity Focused Ultrasound. Dengan teknologi tersebut, alat HIFU akan menciptakan panas yang dapat mengintervensi sel-sel kulit yang ditargetkan.

Kondisi ini akan membuat tubuh berusaha untuk memperbaiki sel-sel tersebut. Proses perbaikan dilakukan tubuh dengan cara memproduksi kolagen dengan jumlah yang lebih banyak. Dengan memproduksi kolagen lebih banyak, maka elastisitas kulit akan lebih baik, dan membuat kulit menjadi lebih kencang.

Perawatan ini diklaim dapat memberikan beberapa manfaat Facelift walaupun tanpa prosedur bedah. Hal inilah yang membuat prosedur HIFU semakin populer, dan kian digemari masyarakat luas. Bahkan menurut American Society for Aesthetic Plastic Surgery, prosedur non-invasif popularitasnya meningkat sebanyak 4.2% pada tahun 2017.

Apa Manfaat HIFU Treatment?

Mengenal apa itu HIFU treatment saja tidaklah cukup. Karena terdengar masih asing, banyak orang yang tidak mengetahui tentang apa manfaat dari perawatan ini. Padahal walaupun dengan tindakan non-bedah, perawatan ini mampu memberikan manfaat yang cukup menakjubkan.

Dilansir dari American Board of Cosmetic Surgery, berikut adalah beberapa manfaat dari HIFU treatment:

  • Mengencangkan kulit wajah dan leher
  • Mengurangi tampilan rahang yang terlalu besar
  • Mengangkat kulit pipi, kelopak mata, dan alis yang kendur
  • Mengatasi kerutan halus pada kulit
  • Membuat kulit lebih halus dan kencang

Dengan tindakan non-invasif, tentu beberapa manfaat tersebut sangatlah menguntungkan bagi para pasien. Selain karena harganya yang lebih murah, perawatan ini juga minim terhadap rasa sakit, tidak seperti saat melakukan prosedur bedah. Namun meskipun begitu, hasil dari apa itu HIFU treatment tidaklah permanen. Oleh sebab itu, umumnya dokter akan merekomendasikan perawatan ini bagi pasien yang mengalami tanda penuaan ringan.

Baca juga:

Bagaimana Prosedur HIFU Treatment Dilakukan?

 

Apa itu HIFU Treatment? Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini

Prosedur perawatan HIFU dimulai dengan membersihkan wajah dan mengoleskan gel khusus. Setelah itu, dokter akan mengoleskan krim anestesi untuk meminimalisir rasa sakit selama prosedur berlangsung. Saat krim anestesi mulai bekerja, dokter akan mengaplikasikan alat HIFU pada area tindakan.

Proses pengaplikasian alat HIFU dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Umumnya, setiap sesi berlangsung selama 30-90 menit. Selama proses ini, beberapa orang mungkin akan merasa tidak nyaman. Pasalnya, alat yang digunakan akan menghantarkan energi panas, dan sensasi seperti cekit-cekit. Namun dengan penggunaan anestesi, maka efek tersebut dapat diminimalisir dengan cukup baik.

Perawatan HIFU tidak memerlukan persiapan khusus. Bahkan setelah sesi perawatan selesai, pasien tidak membutuhkan waktu untuk pemulihan. Artinya, mereka dapat melanjutkan aktivitas sehari-hari secara normal. Namun untuk prosedur yang lebih aman, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut terkait apa itu HIFU treatment dengan dokter terkait.

Efek Samping dari HIFU Treatment

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bagi beberapa orang prosedur ini mungkin akan menimbulkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Gejala tersebut mungkin akan terasa pada saat prosedur berlangsung, ataupun setelah sesi perawatan selesai.

Pada sebuah studi yang dilakukan di Korea Selatan, membuktikan bahwa tidak ada efek samping yang serius dari prosedur HIFU. Meskipun begitu, gejala efek samping dari HIFU treatment tetaplah ada dan tetap mungkin untuk muncul. Beberpa gejala tersebut adalah:

  • Pembengkakan
  • Sensasi mati rasa
  • Kemerahan
  • Memar
  • Ruam berwarna keunguan

Sebuah studi yang berbeda, menemukan bahwa 25,3% pasien HIFU mengalami rasa sakit pasca prosedur dilakukan. Namun, rasa sakit tersebut akan mereda dengan sendirinya, tanpa ada pengobatan atau tindakan apapun.

Jadi bagi para calon pasien, selain berkonsultasi tentang apa itu HIFU treatment, sebaiknya konsultasikanlah hal-hal lain terkait perawatan tersebut. Sebab, hal ini berguna untuk keamanan, serta keberhasilan dari perawatan itu sendiri.

Baca juga:

Fakta-fakta Seputar HIFU Treatment

Prosedur dan Manfaat Perawatan HIFU

Hingga tahun 2018, setidaknya sudah ada 231 studi terkait penggunaan HIFU untuk perawatan. Terkait studi tersebut, disimpulkan bahwa perawatan ini sangat aman dan efektif untuk digunakan. Khususnya bagi perawatan untuk pengencangan kulit, tubuh, dan pengurangan selulit.

American Board of Cosmetic Surgery, mengatakan bahwa pengencangan kulit dengan HIFU biasanya memberikan hasil positif dalam 2-3 bulan. Bahkan dengan perawatan kulit yang baik, hasil dari HIFU treatment dapat bertahan hingga kurang lebih satu tahun.

Selain itu, sebuah studi tentang efektivitas HIFU juga dilakukan pada orang-orang dari Korea. Dari studi tersebut, ditemukan bahwa prosedur HIFU bekerja dengan baik untuk memperbaiki kerutan pada wajah. Khususnya kerutan yang ada di area sekitar rahang, pipi, dan bibir. Sebagian besar dari mereka, juga berkonsultasi tentang apa itu HIFU treatment sebelum prosedur dilakukan.

Pada studi lain, ada juga yang membahas tentang tingkat efektivitas perawatan HIFU. Namun, studi dilakukan dengan mengevaluasi hasil perawatan HIFU dalam beberapa rentan waktu, yaitu 7 hari, 4 minggu, dan 12 minggu. Studi tersebut menemukan bahwa setelah 12 minggu pasca prosedur, elastisitas kulit pasien meningkat secara signifikan di semua area tindakan.

Peneliti lain juga mempelajari tentang pengalaman seseorang terhadap perawatan HIFU. Penelitian ini dilakukan pada 73 wanita dan dua orang pria. Pada penelitian ini, dokter yang mengevaluasi hasil penelitian melaporkan bahwa kulit wajah dan leher meningkat sebanyak 80%. Selain itu, tingkat kepuasan yang didapat dari pasien ditemukan dengan peresentase sebanyak 78%.

Perlu dicatat, beberapa penelitian dan studi di atas hanya melibatkan sebagian kecil peserta. Untuk lebih aman, kalian perlu berdiskusi dengan dokter yang berkompeten dalam bidang ini. Jangan lupa untuk berkonsultasi seputar apa itu HIFU treatment sebelum melakukan prosedurnya. Jika ingin berkonsultasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.