Apa itu Botox? Simak Informasi Lengkapnya di Sini

Apa itu Botox?

Apa itu Botox? – Botox merupakan salah satu tindakan yang kini kian populer di kalangan masyarakat. Pasalnya, tindakan ini mampu memberikan cukup banyak manfaat bagi kulit. Namun tahukah kalian bahwa Botox tidak hanya dapat digunakan untuk tujuan estetika?

Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang Botox secara lengkap. Mulai dari apa itu Botox, bagaimana prosedurnya, apa saja tujuannya, hingga bagaimana hasil dari perawatan Botox. Untuk informasi selengkapnya, mari simak pembahasan berikut ini:

Apa itu Botox?

Botox adalah obat yang telah digunakan dokter selama bertahun-tahun untuk mengobati kerutan dan garis halus di wajah. Pada dasarnya, Botox merupakan nama merek racun yang dibuat oleh bakteri Clostridium Botulinum. Ada merek lain, seperti Dysport dan Xeomin.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Botox bekerja dengan cara memblokir sinyal dari saraf ke otot. Dengan obat ini, otot yang disuntikkan nantinya tidak dapat berkontraksi. Hal inilah yang membuat kerutan dan garis halus menjadi tersamarkan.

Perawatan ini paling sering digunakan pada garis dahi, garis di sekitar mata, dan garis-garis kerutan lainnya pada wajah. Namun perlu diketahui, Botox tidak dapat mengatasi kerutan yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari atau gravitasi.

Baca juga:

Bagaimana Prosedur Botox Dilakukan?

Selain mengetahui tentang apa itu Botox, kalian juga harus memahami tentang bagaimana prosedur perawatan ini dilakukan. Prosedur Botox hanya membutuhkan waktu beberapa menit. Pada tindakan prosedurnya, dokter akan menggunakan jarum kecil untuk menyuntikkan Botox ke otot tertentu.

Biasanya dibutuhkan 7 – 14 hari untuk mendapatkan efek sempurna dari Botox. Sebelum prosedur dilakukan, sebaiknya hindari alkohol setidaknya dalam waktu satu minggu. Selain itu, kalian juga harus berhenti minum aspirin dan obat antiinflamasi dalam dua minggu sebelum perawatan. Hal ini bertujuan untuk mencegah memar saat prosedur sedang dilakukan.

Selain itu, hindari gosokan atau sentuhan pada area tubuh yang disuntikkan. Setidaknya, lakukan ini dalam waktu selama 24 jam pertama. Hal ini berguna agar obat yang digunakan tidak menyebar ke area lain. Dokter mungkin juga akan menyarankan kalian untuk tetap dalam posisi tegak selama 4 jam setelah suntikan, dan beristirahat dari aktivitas fisik yang berat.

Tujuan Botox

Botox sebenarnya dapat dilakukan dengan dua tujuan. Pertama adalah untuk tindakan estetika, dan yang kedua adalah untuk tindakan medis. Untuk lebih jelas, mari simak pembahasan di bawah ini:

Tujuan untuk Tindakan Estetika

Manfaat Suntik Botox untuk Kecantikan

Pada dasarnya, tujuan estetika dari penggunaan Botox adalah untuk mengatasi garis halus dan kerutan. Ada beberapa area kerutan yang biasanya dapat ditangani oleh perawatan ini, misalnya seperti:

  • Kerutan di antara alis
  • Kerutan di sekitar mata
  • Garis lipatan horizontal di dahi
  • Garis di sudut bibir
  • Kerutan di sekitar dagu

Beberapa area tersebut memang kerap kali bermasalah dengan munculnya kerutan dan garis halus. Dengan mengetahui apa itu Botox, masalah tersebut tentu akan teratasi dengan lebih mudah dan efektif.

Tujuan untuk Tindakan Medis

Botox untuk Tindakan Medis

Praktisi medis profesional juga menggunakan Botox untuk berbagai kondisi medis. Khususnya yang berkaitan dengan sistem neuromuskular. FDA pun telah menyetujui Botox untuk penggunaan berikut. Namun penggunannya harus dilakukan pada orang yang berusia minimal 18 tahun. Berikut adalah beberapa tujuan botox untuk tindakan medis:

  • mata juling, atau strabismus
  • keringat berlebih, atau hiperhidrosis
  • mencegah migrain pada orang yang sering merasakannya
  • mengurangi gejala kandung kemih yang terlalu aktif karena kondisi neurologis jika obat antikolinergik tidak membantu
  • kejang kelopak mata, atau blepharospasm, karena distonia
  • gangguan gerakan neurologis yang disebut distonia serviks yang memengaruhi kepala dan menyebabkan nyeri leher

Beberapa orang juga melakukan suntik Botox untuk penggunaan yang di luar anjuran. Dalam beberapa kasus, hal ini perlu dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter terkait. Oleh sebab itu, sebaiknya ketahui tentang apa itu Botox agar perawatan bisa lebih efektif. Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat ditangani dengan penggunaan Botox:

  • Alopecia
  • Sialorrhea, yang melibatkan produksi air liur terlalu banyak
  • Eksim dyshidrotic, yang mempengaruhi telapak tangan dan telapak kaki
  • Disfungsi otot anus, atau anismus
  • Nyeri dan ketidaknyamanan pada vagina tanpa penyebab yang jelas, atau vulvodynia
  • Penyakit Raynaud, yang mempengaruhi sirkulasi
  • Akalasia, masalah tenggorokan yang membuat sulit menelan

Baca juga:

Berapa Lama Efeknya dapat Bertahan?

Efek dari Botox akan bertahan 3 sampai 12 bulan, tergantung dari merek dan kualitas yang digunakan. Saat sistem otot perlahan kembali, garis dan kerutan mulai muncul kembali dan perlu perawatan ulang. Garis-garis dan kerutan sering kali tampak tidak terlalu parah seiring waktu karena otot-ototnya menyusut.

Untuk melakukan pengulangan prosedur, pasien sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait. Hal ini berguna untuk pengecekan fisik, serta melihat efek dari botox yang sebelumnya digunakan. Pada saat konsultasi, dokter mungkin juga akan menjelaskan lebih dalam tentang apa itu Botox.

Hasil dari Suntikan Botox

Botox untuk tindakan estetika, dapat memberikan hasil yang sangat signifikan. Kerutan dan garis halus yang ada di wajah, dapat tersamarkan dengan cukup sempurna. Dengan begitu, wajah yang tadinya terlihat lebih tua, akan menjadi lebih kencang dan terlihat lebih muda.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hasil dari suntikan botox dapat bertahan 3 sampai 12 bulan. Hal tersebut tergantung dari jenis dan kualitas Botox yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut kami lampirkan hasil sebelum dan sesudah melakukan suntik Botox:

Hasil PerawatanBefore After Treatment Botox

Rekomendasi Tempat untuk Suntik Botox

Untuk melakukan suntik Botox, kalian bisa mengunjungi klinik kecantikan atau rumah sakit tertentu. Namun perlu kalian ketahui, selain kualitas dari Botox, pengalaman dari praktisi medis yang menangani juga sangat mempengaruhi hasil dari perawatan ini.

Bagi kalian yang ingin melakukan suntik Botox, maka Beautylogica Clinic adalah salah satu tempat yang terbaik. Dengan pengalaman dan dokter estetika yang kompeten, prosedur Botox dapat berjalan dengan lebih aman, dan dapat memberikan hasil yang optimal. Untuk konsultasi lebih lanjut seputar apa itu Botox, kalian bisa menghubungi kami di nomor 0819 0500 0000.

About Ridwan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *